5 Tips Makan Saat Lebaran Agar Tak Kalap dan Tetap Sehat

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 02 Mei 2022 11:00 WIB
Tips Makan Saat Lebaran yang sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Lebaran biasanya diisi dengan acara silaturahmi antar keluarga dengan sajian makanan-makanan enak. Agar tetap sehat dan tak kalap, ikuti tips ini.

Ada beragam hidangan enak yang dihidangkan setiap lebaran. Di antaranya ada ketupat dan lauk khasnya hingga aneka kue kering yang bercita rasa manis.

Makanan-makanan ini biasa disuguhkan untuk para tamu yang datang bersilaturahmi. Namun tak semua hidangan lebaran di setiap rumah perlu disantap. Kalau ingin tetap sehat dan bugar, kamu harus membatasi asupan makanan bersantan, berlemak, serta yang mengandung gula tinggi.

Baca Juga: Direbus 12 Menit, YouTuber Ini Bagikan Tips Bikin Lontong Praktis dan Irit Gas

Dilansir dari berbagai sumber berikut tips makan sehat saat lebaran.

1. Kontrol Porsi Makan

Tips Makan Saat Lebaran yang sehatTips Makan Saat Lebaran yang sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Hari raya lebaran atau Idul Fitri merupakan hari kemenangan di mana umat muslim bisa menyantap makanan dengan bebas setelah satu bulan lamanya berpuasa. Namun porsi makannya harus diperhatikan agar tetap sehat.

Jangan kalap mengambil banyak makanan. Karena saat bersilaturahmi, pasti pemilik rumah akan meminta kita untuk menikmati hidangan yang telah mereka siapkan.

Kamu harus mengontrol porsi makan Kalau disediakan piring berukuran besar, maka kurangi porsi makan menjadi setengah saja. Bisa juga dengan mengambil setiap makanan dengan porsi kecil, misalnya 1-2 suapan saja.

2. Hindari Karbohidrat Berlebih

Ketupat dan lontong memang identik dengan sajian hari raya. Setiap rumah pasti menyajikan ketupat dan lontong. Dua hidangan ini termasuk sumber karbohidrat.

Konsumsi karbohidrat penting diperhatikan saat lebaran. Jangan terlalu kalap mengambil banyak lontong atau ketupat. Kalau di rumah sudah menyantap ketupat dan lontong, jangan lagi menyantapnya saat bertamu ke rumah tetangga atau keluarga.

Lebaik baik pilih makanan lain atau hanya menyantap lauk khas lebaran saja. Karena ketupat dan lontong merupakan sumber karbohidrat yang membuat perut cepat kenyang.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Enak di Rest Area Pendopo KM 456, Mampir Yuk!



Simak Video "Laris Manis! Cangkang Ketupat Diburu Masyarakat Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]