Direbus 12 Menit, YouTuber Ini Bagikan Tips Bikin Lontong Praktis dan Irit Gas

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 30 Apr 2022 11:00 WIB
Tips Bikin Lontong Praktis dan Irit Gas
Foto: youtube Sobat Dapur
Jakarta -

Biasanya untuk membuat lontong yang padat dan matang merata dibutuhkan waktu perebusan hingga berjam-jam. Tapi dengan trik khusus bisa membuat lontong hanya dengan merebusnya selama 12 menit.

Selain ketupat, lontong juga populer jadi hidangan lebaran. Proses memasak Lontong dianggap lebih praktis dibandingkan dengan ketupat. Waktu perebusan lontong juga tak perlu berjam-jam layaknya merebus ketupat.

Tapi tetap saja, cara klasik membuat lontong memerlukan proses yang panjang dan dianggap boros gas karena direbus lama. Kini ada tips dan trik cerdas masak lontong. Kamu cuma perlu merebus lontong 12 menit saja. Kok bisa?

Tips Bikin Lontong Praktis dan Irit GasTips Bikin Lontong Praktis dan Irit Gas Foto: youtube Sobat Dapur

YouTuber Sobat Dapur membagikan trik praktis masak lontong. Ia menunjukkan tutorial masak lontong yang hanya direbus sebentar saja. Meskipun demikian, lontong yang dihasilkan akan matang merata dan teksturnya padat pulen.

Untuk membuatnya, kamu perlu merebus air hingga mendidih kemudian masukkan beras yang sudah dicuci bersih. Takarannya adalah satu liter air untuk satu kilogram beras.

Kemudian tambahkan sedikit garam dan daun pandan agar lontong yang dihasilkan punya aroma harum. Aduk beras hingga menjadi nasi aron. Kemudian matikan kompor dan diamkan hingga dingin.

Setelah itu bungkus lontong dengan daun pisang. Jangan lupa sematkan biting atau lidi pada kedua bagian ujung daun pisang. Lontong ini pun siap direbus hingga matang.

Tips Bikin Lontong Praktis dan Irit GasTips Bikin Lontong Praktis dan Irit Gas Foto: youtube Sobat Dapur

Cara merebusnya ini dimulai dengan mendidihkan air dalam panci, kemudian masukkan lontong. Pastikan air yang direbus ini cukup banyak sehingga seluruh bagian lontong terendam air. Masak hingga air kembali mendidih.

Setelah mendidih, hitung selama lima menit lalu matikan api kompor. Tutup panci dengan rapat dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya nyalakan api kembali dan rebus lontong selama 7 menit. Kemudian matikan api dan tutup kembali selama 30 menit.

Setelah itu barulah lontong bisa diangkat dan ditiriskan. Jangan langsung memotong lontong saat baru matang. Diamkan dulu hingga lontong dingin. Terlihat ketika dibelah, lontong tampak padat dan pulen.

Video yang diunggah 21 April 2022 ini pun langsung banjir komentar. Banyak yang merasa tips praktis ini sangat membantu. Ada juga yang ingin mencoba karena dianggap bisa menghemat gas.

Tips Bikin Lontong Praktis dan Irit GasTips Bikin Lontong Praktis dan Irit Gas Foto: youtube Sobat Dapur

"Keren bang, asli bakal bikin buat lebaran sekarang. Terima kasih bang konten-kontennya. Bener gampang diaplikasikan," ujar netizen.

"Mantap. Ini beneran ngirit gas banget. Patut dicoba," sahut netizen lain.

"Pas banget mau lebaran. Makasih bang tipsnya, jadi irit gas ini," kata netizen yang ingin mencoba trik ini.

Menurut pemilik channel YouTube, lontong ini bisa tahan 2 hari di suhu ruang, sementara kalau di lemari es bisa sampai 5 hari. Jika ingin menyantapnya maka simpan beberapa menit dalam rice cooker agar lontong hangat dan lembut.



Simak Video "Sajian Berbeda di Hari Lebaran: Gulai Kepala Ikan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)