ADVERTISEMENT

4 Pola Makan yang Bikin Panjang Umur dari Wanita Berusia 118 Tahun

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 25 Mei 2022 06:00 WIB
4 Pola Makan yang Bikin Panjang Umur dari Wanita Berusia 118 Tahun
Foto: Eat This, Not That

3. Menjaga batas aman konsumsi minuman alkohol

Walaupun alkohol menjadi salah satu minuman favoritnya, tetapi Suster Andre tetap bisa hidup dengan sehat. Menurutnya, kunci dari kesehatannya yang berumur panjang adalah dengan mengonsumsi segala sesuatu dalam batas wajar.

Sebuah penemuan mengatakan bahwa konsumsi alkohol juga memiliki efek dalam memberikan umur yang panjang. Tetapi sebagian lainnya mengatakan bahwa jika ingin mendapatkan manfaat tersebut harus bisa menahan diri dengan mengonsumsinya dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Bagi wanita, batas wajar konsumsi alkohol dianjurkan hanya 5 hingga 15 gram saja per hari. Berbanding terbalik, alkohol yang dinikmati secara berlebihan justru menjadi ancaman paling besar terhadap kesehatan tubuh.

5 Sayuran dan Buah Tinggi Antioksidan, Bisa Jadi Pengganti ObatUntuk menjaga kekebalan daya tahan tubuhnya, Suster Andre juga rajin mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah berry. Foto: Getty Images/fcafotodigital

4. Memilih makanan tinggi antioksidan

Antioksidan merupakan komponen dalam makanan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan menghindari kerusakan pada sel-sel tubuh. Asupan antioksidan yang tinggi menjadi salah satu yang paling dipertimbangkan oleh Suster Andre sebelum menikmati makanannya.

Bahkan pada alkohol berupa wine dan cokelat yang merupakan makanan favoritnya juga tergolong sebagai sumber antioksidan yang baik. Antioksidan pada cokelat diakui oleh ahli dapat membantu mengurangi gangguan pada kesehatan jantung.

Antioksidan juga bisa didapat melalui banyak jenis makanan yang lain. Misalnya seperti buah berry dan beberapa macam sayuran. Konsumsi antioksidan secara rutin memang dapat mengatasi inflamasi pada tubuh sehingga seluruh sel-sel yang mengalami kerusakan bisa langsung diatasi.



Simak Video "Bikin Laper: Mie Titi dan Nasi Merah Legendaris dari Makassar"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT