Tetap Bisa Makan Manis, Ini 7 Cara Terbaik Kurangi Konsumsi Gula

ADVERTISEMENT

Tetap Bisa Makan Manis, Ini 7 Cara Terbaik Kurangi Konsumsi Gula

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 19 Mei 2022 10:30 WIB
Asupan Gula Manis
Foto: iStock


3. Pilih Makanan yang Mengandung Gula Alami

Konsumsi makanan mengandung gula alami menjadi pilihan paling tepat untuk memuaskan keinginan makan manis. Gula alami dapat ditemukan pada beberapa jenis buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Asupan Gula ManisBeberapa buah memang sudah memiliki rasa manis alami seperti kurma dan anggur yang bisa menjadi alternatif jika anda ingin memakan makanan manis. Foto: iStock



Beberapa buah memang sudah memiliki rasa manis alami seperti kurma dan anggur. Selain manis, buah buahan ini juga tinggi akan serat. Tak hanya bisa dimakan utuh, buah-buahan ini juga dapat diolah menjadi jus atau selai yang lebih sehat dibandingkan makanan manis lainnya.

4. Pilih Pemanis Alami

Pemanis alami bisa ditemukan pada beberapa produk seperti madu dan stevia. Semua jenis pemanis ini memiliki sumber gula alami yang menawarkan manfaat kesehatan tambahan pada tubuh.

Asupan Gula ManisMadu dan stevia sendiri menjadi pemanis rendah kalori yang sangat populer. Bahkan stevia dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh. Foto: iStock



Madu dan stevia sendiri menjadi pemanis rendah kalori yang sangat populer. Bahkan stevia dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh.

Perlu diingat konsumsi gula alami sewajarnya. Karena konsumsi dalam jumlah yang tinggi juga tetap membahayakan kesehatan.

5. Lebih Baik Masak Makanan di Rumah

Mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri adalah cara terbaik untuk menghindari sumber gula rafinasi. Dengan memasak makanan sendiri di rumah, kamu bisa mengontrol jumlah gula pada makanan tersebut. Selain mengurangi asupan gula, cara ini juga mampu menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh.



6. Periksa Informasi Nutrisi Makanan Kemasan

Memeriksa informasi nutrisi makanan kemasan merupakan hal yang penting guna menghindari konsumsi gula berlebih. Jika terdapat gula tambahan di dalamnya, sebaiknya hindari makanan tersebut.

Biasanya produk yang memiliki tambahan gula memiliki nama khusus yang berakhiran '-ose'. Produk dengan kata kata seperti "sirup" dan "jus" juga perlu diwaspadai karena biasanya mengandung gula tambahan. Dengan memeriksa informasi nutrisi makanan kemasan, kamu bisa mengatur asupan gula harian.

7. Hati-hati dengan Sumber Gula Tersembunyi

Beberapa makanan kemasan memiliki tambahan gula yang tak terduga. Misalnya saus pasta yang seringkali mengandung gula tambahan dengan alasan menambah rasa, meningkatkan pigmen warna, ataupun membuat tekstur lebih baik.

Asupan Gula ManisSaus pasta yang seringkali mengandung gula tambahan dengan alasan menambah rasa, meningkatkan pigmen warna, ataupun membuat tekstur lebih baik. Foto: iStock



Untuk menghindarinya, memilih produk secara bijak menjadi kunci utama. Karena sumber gula tersembunyi ini tidak akan memuaskan selera manis, tetapi justru membuat kamu ingin mengonsumsi lagi dan lagi.


(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT