Gemar Konsumsi Minuman Manis? Kenali Bahayanya Bagi Kesehatan!

Nada Zeitalini - detikFood Selasa, 05 Apr 2022 22:10 WIB
Ilustrasi Minuman Coklat Foto: Shutterstock
Jakarta -

Hampir semua orang suka mengkonsumsi minuman manis. Sebab minuman manis sangat cocok dikonsumsi dengan sajian dingin ataupun hangat.

Seperti mengkonsumsi minuman dingin dari buah-buahan yang menyegarkan saat cuaca panas, atau bahkan kopi dan cokelat panas yang menghangatkan. Pilihan minuman manis yang bisa dikonsumsi pun sangat beragam. Namun tahukah kamu bahwa minuman manis memiliki kadar gula yang tinggi dan berpotensi mengganggu kesehatan bila dikonsumsi berlebihan?

Ya, minuman dengan rasa manis memang sangat nikmat namun tidak diperuntukkan mengkonsumsi secara berlebih. Segala sesuatu yang berlebih memang jelas tidak baik dan justru bisa menjadi racun berbahaya. Begitu pula dengan konsumsi gula secara berlebih bisa berdampak negatif pada kesehatan, salah satunya adalah diabetes.

Berdasarkan review pada jurnal Food and Nutrition Research menunjukkan konsumsi minuman tinggi gula berkaitan erat dengan penumpukan lemak tubuh, masalah kegemukan, dan penyakit diabetes. Kemudian review lain pada Current Diabetes Report juga memiliki hasil serupa, mereka yang mengkonsumsi minuman manis mengandung gula sebanyak 1-2 saji per hari ternyata memiliki risiko terkena diabetes hingga 26% lebih tinggi dibanding dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Hal itu tentunya perlu diwaspadai karena data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018 menunjukkan 30% orang Indonesia mengkonsumsi minuman manis sampai 6 kali per minggu. Bahkan 61% orang ternyata mengonsumsi minuman manis lebih dari 1 kali setiap harinya. Nah, lantas apa sih bahaya dari penyakit diabetes? Kamu mungkin perlu memahami dengan baik mengenai penyakit diabetes agar dapat mencegah dan mewaspadai dampaknya.

Penyakit diabetes atau yang umum dikenal sebagai penyakit kencing manis adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah melebihi batas normal. Tingginya kadar gula darah ini dapat disebabkan karena ketidakmampuan organ pankreas dalam menghasilkan hormon insulin atau akibat terganggunya kerja hormon insulin. Penyakit diabetes dapat menimbulkan komplikasi seperti gangguan penglihatan, kerusakan ginjal, penyakit jantung, hingga luka yang sulit sembuh dan dapat berujung pada amputasi.

Untuk mencegah risiko penyakit diabetes, kamu perlu menjaga pola hidup dengan membatasi konsumsi gula. Membatasi konsumsi gula bisa mulai kamu lakukan dari minuman manis kemasan. Pernahkah kamu mencari tahu kandungan gula pada minuman manis kemasan kesukaanmu?

Faktanya, minuman manis kemasan yang sering kita konsumsi sangat mungkin memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Contohnya minuman kopi instan yang mengandung 1 sendok makan gula per sachet, Kemudian minuman coklat juga mengandung 1,5 sendok makan gula, dan minuman buah yang mengandung 2 sendok makan gula per kemasan.

Padahal merujuk pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kita hanya disarankan konsumsi gula sebanyak maksimal 50 gram per hari atau setara dengan hanya 4 sendok makan. Namun jika melihat kandungan gula pada minuman-minuman kemasan yang kerap dikonsumsi, ditambah dengan makanan dan minuman lain yang sepanjang hari akan sangat berisiko pada gangguan kesehatan.

Namun kamu tak perlu lagi khawatir, karena kini tersedia berbagai varian minuman bebas gula dari Tropicana Slim yang dapat dipilih sesuai kesukaan dan suasana hati. Bagi kamu yang menyukai kopi untuk memulai hari, coba Tropicana Slim Cafe Latte, Tropicana Slim White Coffee, dan Tropicana Slim Avocado Coffee yang merupakan alternatif kopi bebas gula dan lebih rendah kalori dengan rasa kopi mantap dan aroma menggoda.

Untuk kamu yang suka minuman manis rasa cokelat, bisa mencicipi nikmatnya Tropicana Slim Mint Cocoa dengan sensasi mint yang nikmat tanpa penambahan gula pasir. Ada pula minuman manis dan segar yaitu Tropicana Slim Sweet Orange yang cocok menyegarkan. Banyak rasa manis dari Tropicana Slim yang tersedia, semua untuk hidup manis yang lebih sehat!



Simak Video "Awas! Mayoritas Kematian Pasien Corona RI Punya Komorbid Diabetes Melitus"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com