6 Makanan yang Buruk Bagi Kesehatan Tubuh, Ada Donat hingga Hotdog

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 18 Mei 2022 08:30 WIB
Makanan Buruk Bagi Kesehatan Tubuh
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Jika ingin tubuh tetap sehat, harus mengontrol asupan makanan yang masuk. Jenis makanan yang buruk bagi tubuh seperti donat hingga hotdog harus dihindari.

Pola makan yang sehat senantiasa akan membuat manusia bugar, bahkan berumur panjang. Sebaliknya kalau mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dilansir dari Eat This (8/5), ada beberapa makanan yang memiliki efek buruk bagi kesehatan. Makanan-makanan ini sangat umum ditemui dan dikonsumsi dalam keseharian. Seperti ayam goreng, donat, hingga hotdog.

Baca Juga: Cara Bikin Es Loli Kopi yang Enak Untuk Suguhan Lebaran

Berikut 6 makanan yang buruk bagi kesehatan tubuh.

1. Keripik Kentang

keripik kentang atau chips adalah makanan ringan yang sering dikonsumsi sebagai camilan. Keripik kentang sangat mudah ditemukan di pasaran. Varian rasa yang ditawarkan juga beragam.

Meski terbuat dari kentang, makanan ini termasuk buruk bagi kesehatan tubu. Dikarenakan memiliki kandungan sodium yan tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebian dapat menyebabkan risiko terkena tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

2. Ayam Goreng

Makanan Buruk Bagi Kesehatan TubuhMakanan Buruk Bagi Kesehatan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Daging ayam sebenarnya alternatif protein yang lebih sehat dari daging merah karena kandungan lemak jenuhnya yang rendah. Namun saat ayam goreng telah diolah dengan balutan tepung renyah, daging ayam tak lagi sehat.

Ketika ayam goreng tepung digoreng dalm minyk panas, kalorinya bertambah dan mengandung lemak yang tinggi. Lemak jenuh ini dapat ditemui dalam kulit ayam yang meningkatkan kolesterol LDL (jahat).

3. Donat

Salah satu dessert yang populer adalah donat. Donat biasanya juga ditawarkan dengan aneka topping manis. Seperti saus cokelat, keju, krim, dan lainnya.

Menurut Mayo Clinic, donat harus digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan yang membuat makanan ini mengandung lemak trans. Di mana dapat meningkatkan kolesterol jahat.

Baca Juga: D'Sawah Resto: Sedapnya Makan Nasi Liwet dan Gurame Bakar di Tengah Sawah