ADVERTISEMENT

D'Sawah Resto: Sedapnya Makan Nasi Liwet dan Gurame Bakar di Tengah Sawah

Devi Setya - detikFood
Rabu, 11 Mei 2022 12:00 WIB
Jakarta -

Restoran lesehan bisa jadi pilihan tempat makan ketika kumpul bersama keluarga ataupun teman. Ada D'Sawah Resto di kawasan Bogor yang tawarkan sensasi makan di saung tengah sawah.

Tak ada salahnya sejenak melepas penat dengan rutinitas dan pekerjaan. Kamu bisa santai sambil makan di restoran berkonsep alam. Makan di saung bambu sambil menatap sawah bisa jadi pilihan merilis stres.

Makin komplet karena disuguhi aneka makanan tradisional dengan rasa mantap. D'Sawah Resto bisa jadi pilihan. Menunya lengkap mulai dari gurame bakar, karedok, tumis taoge jambal roti hingga ayam bakar madu. Jangan lupa santap semua lauk ini dengan gurih harum nasi liwet. Raos Pisan!

D'Sawah Resto ini masih terbilang baru, berlokasi di kawasan Cilubang Mekar, Bogor, resto ini baru beroperasi kurang lebih satu tahun. Meskipun baru, tapi pengunjungnya membludak. Sensasi makan di saung tengah sawah menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang rela datang jauh untuk menikmati makanan di sini.

Tak hanya sensasi makan di saung saja, kamu juga bisa sekaligus rekreasi karena di sini ada area playground dan area bersepeda. Buat yang hobi gowes, bisa keliling sawah sambil mengendarai sepeda.

Inilah Keseruan makan dan rekreasi di D'Sawah Resto:

1. Lokasi terpencil

Restoran ini terbilang hidden gem karena lokasinya cukup terpencil. Beralamat di Cilubang Mekar, Dramaga, Bogor, restoran ini harus ditelusuri menggunakan bantuan google map.

Jalur yang dilewati pun terbilang kecil, hanya cukup untuk satu kendaraan roda empat. Jika terjadi papasan maka salah satu kendaraan harus mengalah lebih dulu. Kami menyusuri area pemukiman yang cukup jauh, sekilas tak terlihat tanda-tanda adanya sawah karena di pinggir jalan dipenuhi bangunan.

Tapi saat tiba di area restoran, semua di luar ekspektasi. Areanya sangat luas, dilengkapi area parkir yang bisa memuat banyak kendaraan sekaligus. Dari bagian depan restoran belum tampak saung tempat makan namun sawah sudah terlihat terhampar luas.

D'Sawah Resto BogorD'Sawah Resto Bogor Foto: detikFood/Devi S. Lestari

2. Banyak spot foto Instagrammable

Buat kamu yang hobi berfoto, area restoran ini dijamin bikin kamu betah. Banyak area yang bisa dijadikan spot foto, mulai dari sawah, area saung, kolam ikan hingga area khusus yang sengaja dibuat dengan konsep Instagrammable dan kekinian.

Waktu terbaik untuk menyambangi restoran ini adalah pagi atau sore hari. Karena di siang hari area foto di sawah ini akan terasa sangat panas. Hamparan sawah padi yang menghijau juga sukses memanjakan mata.

3. Gurame bakar dan ayam bakar madu yang mantap

D'Sawah Resto BogorD'Sawah Resto Bogor Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Menu tradisional ala Indonesia menjadi signature dish di restoran ini. Kami memesan gurame bakar dan ayam bakar madu sebagai lauk teman makan nasi liwet khas Sunda.

Gurame bakar (Rp 115.000) disajikan dengan tampilan yang sederhana namun menggoda. Ikan gurame seberat 700-800 gram ini disayat sisi dagingnya, lalu dibakar dengan olesan bumbu kuning ditambah kecap manis. Disajikan dengan sambal kecap terpisah.

Untuk ikannya, gurame ini dijamin segar. Kami merasakan teksturnya kenyal lembut namun tidak mudah hancur. Rasanya pun enak, bumbunya meresap sempurna sehingga tak meninggalkan jejak aroma amis khas ikan air tawar.

Selain gurame bakar, ada juga Ayam Bakar Madu (Rp 55.000). Ayam ini hadir dalam ukuran setengah ekor, terdiri dari satu bagian dada dan satu bagian paha.

Tak kalah mantap, ayam bakar madu ini juga punya rasa enak. Sensasi gurih manis langsung terasa saat mencicip dagingnya. Apalagi ada sedikit rasa karamel dari madu yang terbakar bara api.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT