ADVERTISEMENT

Sekilas Sama, Ternyata Vegan, Vegetarian, dan Plant-Based Punya Perbedaan Ini

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 18 Mei 2022 08:00 WIB
Vegan, Vegetarian, and Plant-Based Meal
Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan pola makan berbasis nabati semakin digemari. Ada vegan, vegetarian, dan plant-based yang sekilas sama, tapi ternyata punya perbedaan. Kenali yuk!

Seiring meningkatnya minat akan pola makan sehat, banyak orang kini jalani pola makan nabati. Ada pelaku vegan, vegetarian, dan plant-based yang kini umum dikenal.

Sayangnya banyak orang masih salah mengartikan tiga istilah pola makan (diet) tersebut. Meskipun ketiganya memiliki kesan serupa, tetapi ternyata ada perbedaan utama.


Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini fakta diet vegan, vegetarian, dan plant-based yang perlu kamu ketahui.


1. Apa Itu Vegan?

Vegan, Vegetarian, and Plant-Based MealVegan adalah pola makan dimana seseorang tidak akan mengonsumsi produk hewani sama sekali, termasuk daging, ikan, telur, produk susu, dan madu Foto: iStock



Vegan adalah pola makan dimana seseorang tidak akan mengonsumsi produk hewani sama sekali, termasuk daging, ikan, telur, produk susu, dan madu. Mereka bahkan juga menghindari produk hewani lain secara menyeluruh.

"Mereka tidak menggunakan produk hewani dalam aspek lain kehidupan mereka seperti produk perawatan kulit, rambut, pakaian, hingga furniture," kata ahli gizi Sarah Skovran seperti dikutip dari Men's Health (27/4/2022).

Tetapi konon ada beberapa vegan yang membuat pengecualian dan tetap mengonsumsi atau menggunakan beberapa produk hewani. Ketika melakukan diet, pengecualian ini sebenarnya tergantung dengan keputusan masing-masing individu.

2. Apa Itu Vegetarian?

Vegan, Vegetarian, and Plant-Based MealDiet vegetarian mengacu pada pola makan tidak mengonsumsi daging, namun pelakunya tetap memakan telur dan beberapa produk hewani lain seperti mentega, keju, dan susu Foto: iStock



Diet vegetarian mengacu pada pola makan tidak mengonsumsi daging, namunpelakunya tetap memakan telur dan beberapa produk hewani lain seperti mentega, keju, dan susu.

Ahli gizi Ashley Petrie mencatat, para vegetarian biasanya lebih kurang peduli dengan proses pembuatan sebuah makanan dibanding vegan. Karenanya mereka tidak seketat vegan dalam memilih produk.

Skovran menjelaskan, jika vegetarian masih mau makan pizza keju, namun seorang vegan biasanya akan memodifikasi menu tersebut dengan meniadakan keju atau mencari alternatifnya, "Jika vegetarian masih bisa menikmati telur orak-arik, seorang vegan biasanya menggantinya dengan orak-arik tahu," tambahnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT