5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Ingin Terapkan Pola Makan Sehat

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 13 Mei 2022 05:00 WIB
7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan Foto: Eat This, Not That!
Jakarta -

Pola makan yang lebih sehat kini semakin populer. Ternyata ada beberapa kesalahan yang wajib dihindari jika ingin pola makanmu jadi lebih sehat.

Berbagai pola diet banyak berkembang seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk hidup lebih sehat. Mulai dari diet rendah kalori hingga diet yang hanya mengonsumsi makanan nabati seperti vegan.

Beberapa orang juga perlahan mulai menerapkan makanan dengan nutrisi yang seimbang dan memilah makanan yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Ternyata untuk menyajikan makanan yang sehat bukan hanya sekadar memilih yang rendah lemak atau rendah kalorinya saja.

Agar tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk membuat sebuah makanan menjadi lebih sehat. Beberapa kesalahan konon banyak dilakukan yang ternyata justru membuat sebuah makanan kehilangan manfaatnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Berikut ini 5 kesalahan yang sering dilakukan ketika ingin membuat makanan menjadi lebih sehat menurut IOL:

Kenapa Makanan Bisa Memberi Rasa Bahagia? Ini Alasan IlmiahnyaLemak yang seringkali menjadi musuh hidup sehat, nyatanya masih dibutuhkan untuk menjaga kenormalan fungsi tubuh. Foto: iStock

1. Mengurangi lemak secara drastis

Saat ingin menurunkan berat badan atau hidup lebih sehat banyak orang yang memusuhi lemak. Lemak begitu dihindari bahkan sangat dijauhkan ketika berbicara soal makanan sehat untuk menjaga kebugaran dan mendapatkan tubuh yang lebih ramping.

Nyatanya ada beberapa jenis lemak sehat yang masih dibutuhkan dan penting bagi tubuh. Salah satunya adalah jenis lemak berupa asam lemak yang dibutuhkan melalui asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan seperti telur dan alpukat menjadi yang paling disarankan untuk mencukupi kebutuhan asam lemak yang penting bagi tubuh. Selain itu, lemak juga dibutuhkan untuk melarutkan beberapa vitamin tertentu seperti vitamin A, D, E dan K.

2. Merasa ngemil adalah kesalahan besar

Beberapa orang yang sedang melakukan diet sehat mengaku begitu menghindari ngemil dan makan makanan manis. Mencicip sebuah kue kering dirasa sebagai dosa besar yang dilakukan setelah rencana diet yang disusun sedemikian rupa.

Nyatanya tidak ada satu diet pun yang bisa dilakukan 100% penuh nutrisi tanpa adanya asupan tak penting yang walaupun sedikit akan masuk ke dalam tubuh.

Tidak ada salahnya untuk sedikit ngemil atau mencicip makanan manis. Satu buah kue kering tidak akan membuat diet yang selama ini kamu jalani menjadi sia-sia atau rusak begitu saja. Hanya saja kendali diri harus tetap dibutuhkan agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Kesalahan yang sering dilakukan saat ingin membuat makanan menjadi lebih sehat lainnya ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com