Bikin Sehat! 5 Manfaat Diet Plant-Based Ini Diungkap Pakar Gizi

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 19 Mar 2022 05:00 WIB
Truss tomatoes and kitchen knife arranged on textured stone surface. Top view.
Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan ini tren diet plant-based semakin meningkat tajam. Ternyata ada manfaat baiknya yang telah diakui oleh ahli gizi.

Diet plant-based atau pola makan yang hanya mengonsumsi makanan-makanan nabati saja kini tengah diminati. Selain karena manfaat kesehatannya untuk tubuh, tren diet ini juga diakui baik untuk menjaga kelangsungan lingkungan.

Tidak hanya catering makanan sehat, banyak juga restoran-restoran hingga tempat makan cepat saji yang ikut menyajikan makanan plant-based. Minat masyarakat yang terus meningkat pesat ini dinilai oleh ahli sebagai kabar baik dalam peningkatan kesadaran gaya hidup yang lebih sehat.

Tetapi apakah meninggalkan makanan hewani benar-benar menyehatkan? Melalui proses pengamatan dan penelitian yang panjang, setidaknya pakar gizi mengakui ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari diet plant-based.

Baca juga: Selain Alkohol, Ini 7 Minuman yang Diharamkan dalam Islam

Berikut ini 5 manfaat diet plant-based yang diungkap pakar gizi menurut Food NDTV:

Pola Makan Vegan Ternyata Pengaruhi Kesehatan Usus dan Tekstur FesesTinggi akan kandungan serat, diet plant-based ternyata terbukti baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan usus. Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Meningkatkan kesehatan usus

Konsumsi makanan nabati secara rutin telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan usus menjadi jauh lebih baik. Bukan sekadar perasaan atau sensasi saja tetapi kandungan serat yang tinggi dari tumbuhan secara alami memang dapat memperbaiki saluran pencernaan secara ampuh.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat dampak diet plant-based pada kesehatan usus. Hampir sebagian besar menunjukkan efek yang sama terkait adanya peningkatan kesehatan termasuk penelitian yang dilakukan oleh dr. Hana Kahleova selaku komite praktisi dari Responsible Medicine.

Hasil dari penelitian yang dipublikasi oleh dr. Hana ini berasal dari pengamatan selama 16 minggu terhadap usus pelaku diet vegan. Hasilnya ditemukan perkembangan mikrobiota usus yang lebih tinggi pada pelaku vegan yang berperan melancarkan saluran pencernaan hingga menguatkan imunitas.

2. Menghasilkan energi yang lebih besar

Saat tubuh merasa lebih cepat lelah dan lesu sepanjang hari ternyata tidak hanya disebabkan oleh kurangnya istirahat atau kegiatan yang terlalu padat. Ada peran asupan makanan yang juga berpengaruh terhadap produksi energi yang dihasilkan oleh tubuh.

Ternyata diet plant-based dapat mengatasi keluhan tersebut dan terbukti dapat meningkatkan produksi energi sehingga tubuh tidak mudah lelah. Bahkan hal ini telah dibuktikan melalui pengamatan yang dilakukan pada atlet-atlet yang menjalani diet plant-based dan mengaku lebih berenergi.

Manfaat menjadi seorang atlet yang menjalani diet vegan bahkan diakui secara langsung oleh Lewis Hamilton yang merupakan pembalap F1 terkenal. "Aku menjadi lebih punya banyak energi, aku menjadi lebih produktif. Setiap bangun tidur aku selalu merasa lebih baik, pikiranku lebih jernih hingga tubuhnya yang semakin segar," kata Hamilton.

Baca juga: 5 Tips Diet Ariel Tatum yang Dianggap 'Body Goals', Contek Yuk!