Jangan Diikuti! 4 Cara Berbahaya untuk Bikin Langsing Menurut Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 08:00 WIB
Portrait of beautiful young woman eating cereals and fruits at home.
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang ingin menurunkan berat badan dan dapatkan tubuh ideal. Ada berbagai cara yang bisa ditempuh, tapi hindari 4 cara berbahaya menurut ahli gizi berikut.

Tubuh ramping dan ideal didambakan banyak orang. Banyak cara dilakukan demi bisa mendapatkan hal ini, mulai dari rajin olahraga hingga jalani diet ketat.

Beberapa orang banyak yang berhasil melakukannya dengan cara yang aman dan sehat. Sayangnya, tidak sedikit yang justru melalui cara-cara berbahaya karena hanya fokus pada hasil instan.

Para pakar kesehatan dan ahli gizi menekankan beberapa hal yang wajib dihindari karena dampaknya sangat berbahaya bagi tubuh. Mulai dari melewati waktu makan hingga puasa terlalu lama.

Berikut ini 4 cara berbahaya untuk melangsingkan tubuh yang harus dihindari:

Ini Waktu Makan Nabi Muhammad SAW saat Sarapan hingga Makan MalamSering melewatkan waktu makan ternyata justru membuat metabolisme tubuh melambat. Foto: iStock

1. Melewati waktu makan

Banyak orang percaya memangkas asupan makan secara besar-besaran bisa bikin cepat langsing. Hal ini lantaran kondisi defisit kalori yang tercipta.

Nyatanya, praktik ini sangat berbahaya bagi tubuh. Amy Godson, selaku penulis The sports Nutrition Playbook mengatakan melewati waktu makan akan mengancam kesehatan metabolisme.

"Banyak orang yang berpikir bahwa melewati waktu makan menjadi kunci dari menurunkan berat badan, padahal tidak ada yang bisa dibenarkan dari hal itu. Mengatur pola makan menjadi dalam porsi yang lebih kecil dan lebih sering jauh lebih disarankan untuk membuat metabolisme tetap bekerja dengan baik," kata Godson.

2. Fokus minum jus

Banyak yang berpikir bahwa mengganti asupan makanan justru lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Mereka akhirnya memilih tidak makan dan hanya minum minuman seperti jus yang diyakini punya efek melangsingkan atau mendetoks tubuh.

Nyatanya mengonsumsi jus terlalu banyak justru lebih berbahaya bagi tubuh. Walaupun terlihat sehat, jus buah kemasan cenderung mengandung gula tinggi dibandingkan jus segar.

Mengurangi konsumsi makanan padat justru akan menimbulkan gejala yang sangat tidak nyaman untuk tubuh karena kurangnya asupan berbagai nutrisi. Misalnya sakit kepala, tubuh terasa lemas, dan membuat kadar gula darah akan menurun drastis.

Cara berbahaya lainnya yang wajib dihindari saat merampingkan tubuh ada di halaman berikutnya.