Tempat Makan Bakso

Gurih Nikmat! Bakso Ikan Isi Telur Asin Ada di Pasar 8 Alsut

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 14 Mei 2022 14:00 WIB
Gurih Nikmat! Bakso Ikan Isi Telur Asin Ada di Pasar 8 Alsut Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Selain bakso sapi yang populer, di Pasar 8 ada bakso khas Pontianak yang layak dicoba. Di sini ada bakso isi telur asin yang tak boleh kelewatan!

Popularitas hidangan bakso di Indonesia begitu tinggi. Seolah sudah menyatu dengan lidah orang Indonesia, bakso dipilih menjadi comfort food yang dinilai cocok dinikmati kapanpun.

Beberapa daerah Indonesia bahkan punya bakso khas. Berbeda dengan bakso Wonogiri yang paling terkenal, di Pontianak ada bakso berisi telur asin yang punya cita rasa unik.

Tidak perlu jauh-jauh ke Pontianak, kelezatan bakso isi telur asin ini bisa dinikmati di Tangerang Selatan. Gerai Bakso Ahan di kawasan Pasar 8, Alam Sutera, menjadi tempat yang bisa kamu sambangi.

Gurih Nikmat! Bakso Ikan Isi Telur Asin Ada di Pasar 8 AlsutSajikan telur ikan khas Pontianak, Bakso Ahan punya tekstur yang lebih kenyal dan renyah. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Tekstur Bakso yang Kenyal dan Garing

Berkesempatan menyambangi Bakso Ikan Telur Asin Ahan di Pasar 8, Alam Sutera, detikfood mencicipi beberapa menu andalannya di sini. Bagaimana ya kelezatannya?

Berbeda dengan bakso yang banyak ditemukan di pulau Jawa, bakso khas Pontianak justru menggunakan ikan sebagai bahan utama adoannya. Pemilik Bakso Ahan, Hardi, mengatakan bahwa dirinya memakai ikan ekor kuning.

Hardi menjelaskan ia ingin menyajikan bakso dari daerah Pontianak, Kalimantan Barat, tetapi ia berusaha menyesuaikan selera penduduk di Pulau Jawa. Beberapa bahan dipilih dengan standar kualitas terbaik untuk menghasilkan bakso enak.

"Seluruh bahan di sini juga kita buat sendiri. Memang ada beberapa yang beli dan dapat dari supplier tetapi semua supplier juga kita pilih yang homemade dan berkualitas. Jadi kita sama sekali nggak beli bahan-bahannya di pasar," kata Hardi.

Salah satu bahan yang paling ia jaga adalah ikan ekor kuning dengan kualitas terbaik untuk menciptakan rasa dan tekstur bakso yang tepat. Benar saja, hasil dari berbagai bahan yang proses pengolahan yang begitu dijaga membuat bakso ikan yang disajikan di Bakso Ahan ini begitu kenyal dan garing saat dikunyah.

Bakso Isi Telur Asin yang Jadi Andalan

Bakso Ahan menyajikan banyak menu menarik. Tetapi di antara belasan menu yang disajikan ada bakso isi telur asin yang berhasil membuat detikfood penasaran.

Hardi, juga mengatakan bahawa bakso isi telur asin ini menjadi menu andalan mereka. Setiap harinya, bakso telur asin yang dijajakan bisa laku 250 porsi dan akan bertambah dua kali lipat ketika akhir pekan.

Ukuran bakso telur asinnya dibuat tidak terlalu besar sehingga begitu memudahkan dimakan. Baik dibelah terlebih dahulu maupun langsung dilahap utuh dan membiarkan bakso dengan isian telur asinnya pecah di dalam mulut.

Saat dicicipi, penggunakan bagian kuning telur asin membuat rasa bakso menjadi unik. Adonan bakso yang enak berpadu sempurna dengan kelembutan dan sedikit rasa asin yang khas dari bagian kuning telur asin di dalamnya.

Kuahnya yang gurih segar menambah kenikmatan. Penggunaan kaldu yang dibuat secara alami membuat kuah dari bakso isi telur asinnya ini cenderung tidak tajam tetapi tetap menyegarkan.

Bakso telur asin ini harganya Rp 40 ribu. Isiannya sudah termasuk sawi keriting, kuah kaldu, lima butir bakso telur asin dan tambahan kwetiau, bihun serta cakien yang hanya bisa ditemukan di sini.

Hidangan di Bakso Ahan yang nikmat dan menyegarkan lainnya ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com