ADVERTISEMENT

Jadi Ikon Kuliner Indonesia, Ini 5 Fakta Nasi Goreng yang Menarik

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 16 Mei 2022 10:00 WIB
Nasi Goreng
Foto: iStock

3. Telur adalah kunci kelezatan

Nasi GorengPenambahan telur pada nasi goreng tersebut tidak kalah penting. Seringkali kita memakan nasi goreng yang dicampur dengan telur atau bahkan telur menjadi menu pendamping nasi goreng Foto: iStock

Seringkali kita memakan nasi goreng yang dicampur dengan telur atau bahkan telur menjadi menu pendamping nasi goreng. Tidak heran terkadang nasi goreng juga sering dikenal dengan sebutan nasi goreng telur.

Dalam menilai kualitas akhir dari hidangan ini, penambahan telur pada nasi goreng tersebut tidak kalah penting. China Today mencatat bahwa pada masa Dinasti Sui, nasi goreng yang dimasak dilapisi dengan telur.

Mereka juga merekomendasikan untuk melakukan hal yang sama dalam resep nasi goreng modern, bersamaan dengan penambahan bahan seperti ayam, jamur, dan ham. Pencampuran nasi goreng dengan telur akan memberikan rasa gurih enak di setiap suapan.

4. Semakin sedikit kecap dan bumbu makin enak

Bahan dan bumbu tambahan pada nasi goreng mungkin dibutuhkan, tetapi fokus utama dari nasi goreng adalah nasi itu sendiri. Menurut beberapa sumber pemberian kecap harus seminimal mungkin setidaknya akan memberikan warna kecoklatan pada nasi goreng tersebut. Sama hal nya dengan penambahan bumbu seperti garam yang harus diberi secara bijak.

Rasa dari bahan bahan tumisan termasuk nasi itu sendiri haruslah lebih menonjol dibandingkan bumbu-bumbu lainnya. Sehingga pemilihan bahan dan bumbu yang cermat akan membuat nasi goreng lebih lezat.

5. Variasi nasi goreng tak terbatas di dunia

Nasi GorengNasi Goreng Thailand yaitu dengan mencampurkan nasi dan udang yang biasa disajikan dengan irisan jeruk nipis dan saus 'prik nam pla' atau kecap ikan cabe rawit Foto: iStock

Meskipun nasi goreng berasal dari China, tetapi nyatanya berbagai variasi hidangan ini dapat ditemukan di berbagai negara. Rata-rata negara di dunia memiliki versi nasi gorengnya sendiri dengan menyesuaikan lidah dan selera orang lokal.

Seperti Indonesia yang memiliki versi nasi goreng yang identik dengan bumbu kecap dan bumbu cabe dengan tambahan telur dadar di atasnya. Sedangkan nasi goreng versi negara Thailand yaitu dengan mencampurkan nasi dan udang yang biasa disajikan dengan irisan jeruk nipis dan saus 'prik nam pla' atau kecap ikan cabe rawit.


(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT