7 Kebiasaan Makan yang Bisa Hilangkan Lemak Perut Bergelambir

Riska Fitria - detikFood Rabu, 11 Mei 2022 06:00 WIB
Kebiasaan makan yang bisa hilangkan lemak perut Foto: iStock
Jakarta -

Selain mengganggu kesehatan, lemak perut yang bergelambir juga bisa mengganggu penampilan. Karenanya ikuti kebiasaan sehat ini untuk menghilangkan.

Lemak perut sebenarnya berfungsi melindungi organ penting di dalam perut. Namun, jika lemak perut terlalu banyak bisa berpotensi membahayakan kesehatan.

Salah satunya bisa menghambat salah satu fungsi organ dalam perut. Selain itu, adanya lemak perut juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya.

Lemak perut dapat dihilangkan dengan mengubah kebiasaan makan sehat. Seperti yang dikutip dari Eat This not That (08/05) berikut 7 kebiasaan makan untuk hilangkan lemak perut.

1. Jangan Lupa Sarapan

Kebiasaan makan yang bisa hilangkan lemak perutKebiasaan makan yang bisa hilangkan lemak perut dengan tidak melewatkan sarapan Foto: iStock

Menurut ahli gizi Kim Rose, sarapan seimbang setiap pagi dapat membentuk dasar kebiasaan makan yang baik. Kim Rose menyarankan untuk sarapan dengan mengasup protein, lemak sehat dan serat.

Tiga nutrisi itu merupakan kunci untuk menghilangkan lemak perut. Selain itu, tiga nutrisi itu dapat memberikan energi dan mendorong kita untuk tidak ngemil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan dalam porsi besar akan mengasup lebih sedikit kalori saat makan malam. Ini bisa mendorong rasa lapar dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: 7 Tips Efektif Hilangkan Lemak Perut yang Terbukti Secara Ilmiah

2. Membuat Catatan Kecil

Ahli gizi juga menyarankan untuk membuat catatan kecil yang berisi tentang makanan apa saja yang bisa menghilangkan lemak perut, seiring bertambahnya usia.

Catatan kecil itu bisa mempermudah kamu dalam menurunkan berat badan. "Jadi mencatat semua makanan dan minuman harian lengkap dengan porsi dan cara memasaknya," ujar Kim Rose.

Hal ini dibuktikan efektif menurunkan berat badan seperti yang ditemukan oleh penelitian di Jurnal Obesitas 2019 lalu. Dengan catatan itu, kamu juga bisa mengetahui cara mengontrol pola makan.

3. Bawa Air Putih dari Rumah

Kebiasaan makan yang bisa hilangkan lemak perutKebiasaan makan yang bisa hilangkan lemak perut dengan membawa botol minum sendiri dari rumah Foto: iStock


Cara terbaik untuk mengurangi kalori dan menghilangkan lemak perut adalah dengan perbanyak minum air putih. Karenanya disarankan untuk membawa botol minum sendiri dari rumah.

Cara ini bisa mendorong kamu untuk tidak membeli minuman manis di luar. Menurut sebuah studi, setiap minuman manis rata-rata mengandung 147 kalori tambahan untuk asupan energi total harian.

"Di mana pun kamu berasa, kamu harus membawa botol minum sendiri," ujar ahli gizi. Minum air bisa dimulai setelah bangun tidur dengan minum sebanyak 2 gelas.

Baca Juga: 5 Minuman Sederhana Ini Terbukti AmpuhLunturkan Lemak Perut

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com