7 Tips Efektif Hilangkan Lemak Perut yang Terbukti Secara Ilmiah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Des 2021 10:30 WIB
7 Tips Efektif Singkirkan Lemak Perut yang Terbukti Secara Ilmiah Foto: Getty Images/katleho Seisa
Jakarta -

Bukan hanya mengganggu penampilan, lemak perut bisa bahayakan kesehatan. Ada 7 tips efektif hilangkan lemak perut yang terbukti secara ilmiah.

Lemak perut atau lemak visceral dimiliki oleh sebagian besar orang. Lemak ini datang dari akumulasi kebiasaan makan yang buruk. Adanya lemak inipun bisa mengganggu penampilan.

Selain itu, Healthline (27/12/21) menyebut lemak perut membahayakan kesehatan karena merupakan faktor risiko utama diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit lainnya. Pada orang-orang yang kurus sekalipun, kelebihan lemak perut tetap buruk untuk kesehatan.

Menyingkirkan lemak perut mungkin butuh waktu lama, namun ada beberapa tips yang sudah terbukti secara ilmiah bermanfaat. Tips ini menyangkut konsumsi jenis makanan tertentu hingga menghindari makanan yang bisa menumpuk lemak perut.

Ini dia 7 tips efektif hilangkan lemak perut yang terbukti secara ilmiah:

1. Konsumsi banyak makanan mengandung serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang bakal membantu melancarkan sistem pencernaan. Penelitian membuktikan konsumsi serat larut bisa menurunkan berat badan karena membuat kamu merasa kenyang dan menurunkan jumlah kalori yang terserap dari makanan.

Manfaat lainnya, serat larut bisa 'melawan' lemak perut. Dapatkan jenis serat ini dari konsumsi mie shirataki, biji rami (flax seeds), alpukat, hingga kacang-kacangan.

2. Hindari lemak trans

7 Tips Efektif Singkirkan Lemak Perut yang Terbukti Secara IlmiahFoto: Getty Images/katleho Seisa

Lemak trans banyak ditemukan di produk makanan kemasan, termasuk juga mentega hingga makanan cepat saji. Konsumsinya dalam jumlah banyak membahayakan kesehatan karena berkaitan dengan inflamasi, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut.

Penelitian pada subjek monyet menemukan mereka yang mengonsumsi lemak trans dalam jumlah banyak mengalami peningkatan lemak perut hingga 33% dibanding monyet yang makanannya tinggi lemak tak jenuh tunggal. Untuk menghindari lemak trans, selalu baca label kemasan sebelum mengonsumsi makanan.

3. Konsumsi makanan tinggi protein

Jadi 'sahabat' pelaku hidup sehat, protein juga sebaiknya dikonsumsi setiap hari karena manfaatnya banyak untuk kesehatan. Konsumsi makanan tinggi protein dapat memicu pelepasan hormon rasa kenyang PYY yang mengurangi nafsu makan.

Banyak penelitian observasional juga menemukan orang-orang yang makan protein lebih banyak memiliki lemak perut yang lebih sedikit ketimbang mereka yang makan protein dalam jumlah sedikit. Makanan tinggi protein yang bagus antara lain daging sapi, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Tips menyingkirkan lemak perut masih ada di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com