Gampang Didapat, 6 Buah Tinggi Protein Ini Bagus Dikonsumsi Tiap Hari

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 06 Mei 2022 05:00 WIB
Ilustrasi alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini
Jakarta -

Tren diet plant-based tengah diminati. Beberapa buah yang tinggi protein ini disarankan oleh ahli untuk dikonsumsi guna penuhi kebutuhan protein harian.

Diet plant-based atau pola diet yang membatasi tubuh hanya mengonsumsi makanan nabati saja tengah banyak diminati. Diet ini juga menjadi cara yang dinilai tepat untuk membantu membersihkan pencernaan setelah makan banyak daging atau makanan berlemak.

Tetapi ada efek samping dari diet plant-based imana kebutuhan protein tubuh akan cukup sulit untuk dipenuhi karena kandungan protein pada bahan nabati tidak sebanyak yang bisa didapatkan pada bahan makanan hewani. Ternyata ada beberapa trik dan bahan makanan yang disarankan untuk mengatasinya.

Salah satunya adalah konsumsi beberapa buah tertentu yang konon memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kaya akan kandungan protein dan berbagai nutrisinya yang lengkap, sederetan buah ini disarankan oleh ahli kesehatan untuk dikonsumsi setiap hari.

Berikut ini 6 buah tinggi protein yang cocok dikonsumsi setiap hari menurut Well and Good (1/5):

Jambu bijiTidak banyak yang menyadari bahwa buah jambu biji ternyata bisa menjadi sumber protein palnt-based yang baik. Foto: iStock

1. Jambu biji

Jambu memiliki banyak jenis yang beragam, terutama di daerah tropis. Salah satunya jambu biji yang banyak ditemukan di Indonesia dan termasuk ke dalam buah yang cukup populer.

Satu buah jambu biji ternyata memiliki tiga gram protein dan disarankan untuk menjadi buah yang secara rutin dikonsumsi setiap hari. Agar proteinnya tidak pecah dan efektif diserap oleh tubuh, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsinya dengan cara dicampurkan pada semangkuk yogurt.

2. Alpukat

Jika kamu termasuk salah satu penggemar alpukat, ada banyak alasan lain bisa membuat kamu jatuh cinta dengan buah lembut creamy ini. Setengah buah alpukat bahkan dikatakan memiliki dua gram protein yang sangat baik untuk tubuh.

Alpukat bisa dinikmati dengan cara ditambahkan pada roti panggang. Jika ingin lebih nikmat, kamu bisa menyampurkan potongan telur, alpukat dan roti panggang bagi pelaku diet plant-based yang tidak terlalu ketat.

3. Blackberry

Manis dan lezat, blackberry bisa menjadi ide camilan yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Segenggam blackberry bahkan dikatakan mampu memberikan tambahan asupan protein sebanyak dua gram yang penting untuk tubuh.

Selain sebagai camilan, blackberry juga bisa dinikmati sebagai smoothie yang lembut dan menyegarkan. Jika ingin mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan dan oatmeal ke dalam campuran smoothie yang lezat.

Buah tinggi protein lainnya ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com