6 Minuman Penurun Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Usai Makan Sajian Lebaran

ADVERTISEMENT

6 Minuman Penurun Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Usai Makan Sajian Lebaran

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 03 Mei 2022 05:00 WIB
Susu Kedelai
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Saat lebaran akan banyak konsumsi makanan bersantan dan tinggi kolesterol. Agar tak membahayakan kesehatan, konsumsi minuman ini agar kadar kolesterol terkendali.

Lebaran identik dengan berbagai hidangan yang bersantan, berlemak dan tinggi kolesterol. Kadar kolesterol yang tidak terkendali tentunya akan sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Banyak orang yang terlalu terlena dengan makanan lezat yang disajikan saat lebaran hingga hampir melupakan risiko yang bisa didapatkan. Tumpukan kolesterol yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi kardiovaskular hingga mengancam kesehatan jantung.

Tetapi tak perlu khawatir karena beberapa ahli kesehatan mengatakan ada cara terbaik untuk mengendalikan kolesterol setelah makan banyak. Beberapa minuman secara alami diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah secara cepat.

Berikut ini 6 minuman penurun kolesterol alami menurut Medical News Today:

5 Tips Menyeduh Teh Hijau Ini Efektif Turunkan Berat BadanKandungan katekin yang kaya dalam teh hijau sangat berguna untuk menurunkan kolesterol buruk. Foto: iStock

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung komponen katekin yang antioksidan lainnya yang telah terbukti dapat menekan kadar LDL atau kolesterol buruk di dalam darah. Pada tahun 2015, sebuah penelitian manfaat katekin dilakukan dengan memberikannya kepada tikus.

Hasilnya setelah diamati selama 56 hari, para peneliti menemukan adanya penurunan kolesterol buruk yang bahkan bisa mendapat 14,4% hingga 30,4% pada kelompok tikus yang sebelumnya diberikan pakan tinggi kolesterol. Penemuan bahwa katekin bermanfaat dapat menyerap kolesterol dalam tubuh ini dilihat juga akan memiliki pengaruh yang tidak berbeda jauh dengan tubuh manusia.

2. Susu kedelai

Kedelai memiliki kadar lemak jenuh yang sangat rendah. Mengganti krim atau penambahan susu yang tinggi lemak dengan menggunakan produk krim atau susu kedelai dinilai menjadi cara terbaik oleh ahli kesehatan untuk membantu mengatasi kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk rutin mengonsumsi susu kedelai setidaknya 25 gram per hari untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Pakar kesehatan lainnya ada juga yang menyarankan setidaknya untuk mengonsumsi 2-3 porsi produk minuman dan makanan dari kedelai atau setara dengan 250 mililiter susu kedelai.

3. Susu oatmeal

Oatmeal mengandung komponen beta-glucan yang berbentuk seperti gel dan sangat bermanfaat bagi usus serta saluran pencernaan secara menyeluruh. Komposisi beta-glucan ini dikatakan mampu menyerap kolesterol sehingga kadarnya akan terkendali di dalam aliran darah.

Pada pengamatan yang dilakukan tahun 2018 lalu, ditemukan bahwa minuman yang terbuat dari oatmeal secara konsisten memang dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Untuk mendapatkan hasilnya secara maksimal, para pakar kesehatan menyarankan setidaknya untuk mengonsumsi 3 gram oatmeal setiap harinya.

Minuman penurun kolesterol lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT