4 Cara Enak Menambahkan Asupan Prebiotik untuk Kesehatan Usus

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 01 Mei 2022 05:00 WIB
Makanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan usus
Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Tambahkan Biji Chia

Makanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan ususMakanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan usus Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat mengonsumsi yogurt, oatmeal, atau smoothies, kamu bisa menambahkan bahan lainnya agar asupan nutrisi lebih tinggi. Salah satu bahan yang bisa ditambahkan adalah biji chia.

Biji chia terkenal padat nutrisi dan merupakan sumber prebiotik yang baik. Penelitian yang diterbitkan pada Juni 2019 dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa konsumsi biji chia dikaitkan dengan berkurangnya peradangan pada mereka yang menderita diabetes tipe-2, dan kandungan serat prebiotiknya kemungkinan berperan.

4. Konsumsi Dark Chocolate

Makanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan ususMakanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan usus Foto: Getty Images/iStockphoto

Cokelat merupakan makanan yang banyak dicari kalau sedang ingin makan manis. Cokelat juga terbukti sehat karena mengandung polifenol, senyawa antioksidan yang dicerna dengan buruk namun difermentasi oleh mikroba usus yang baik.

Untuk konsumsi yang lebih sehat, jenis cokelat perlu diperhatikan. Konsumsi cokelat hitam atau dark chocolate karena mengandung kakao 70 persen. Jenis cokelat ini memiliki efek prebiotik yang lebih kuat dalam hal menumbuhkan mikroba usus yang baik.

Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Ayam Praktis, Bisa Jadi Hidangan Spesial Lebaran



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)