4 Cara Enak Menambahkan Asupan Prebiotik untuk Kesehatan Usus

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 01 Mei 2022 05:00 WIB
Makanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan usus Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pola makan sehat dengan asupan gizi seimbang perlu diterapkan. Untuk menambahkan asupan prebiotik ke dalam tubuh, bisa ikuti 4 cara mudah dan enak ini.

Selama ini makanan yang mengandung probiotik umum dikenali. Selain probiotik, ada juga prebiotik yang tak kalah penting dikonsumsi.

Prebiotik merupakan salah satu jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Oleh karenanya prebiotik akan langsung bergerak menuju saluran pencernaan bagian bawah dan berinteraksi dengan probiotik.

Senyawa ini berfungsi sebagai makanan yang dapat merangsang pertumbuhan mikroorganisme yang menguntungkan tubuh. Seperti bakteri maupun jamur.

Dilansir dari Everyday Health (21/4), untuk mendapatkan asupan prebiotik, bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan. Bahkan, kamu bisa menambahkan asupannya dengan cara yang lezat.

Baca Juga: Direbus 12 Menit, YouTuber Ini Bagikan Tips Bikin Lontong Praktis dan Irit Gas

Berikut 4 cara menambahkan asupan prebiotik melalui makanan yang nikmat:

1. Masak dengan Bawang

Makanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan ususMakanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan usus Foto: Getty Images/iStockphoto

Bawang termasuk sayuran golongan allium, termasuk bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Bawang ini mengandung fruktan, sejenis serat prebiotik.

Tubuh manusia kekurangan enzim yang diperlukan untuk memecah fruktan dan hanya berakhir di usus besar saja. Namun dengan memamasak memakai bawang, mikroba baik kita menggunakannya sebagai makanan dan memecahnya melalui fermentasi. Fruktan juga membantu dalam penyerapan mineral serta kalsium.

Aneka bawang ini juga merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri usus yang menguntungkan, seperti lactobacillus dan bifidobacterium. Konsumsi bawang juga dapat mengurangi pertumbuhan dan aktivitas bakteri berbahaya.

Kamu bisa menambahkan aneka bawang ini ke dalam masakan. Seperti menumis denan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai. Bisa juga menambahkan daun bawang yang melimpah ke dalam racikan sup atau tumisan.

2. Campurkan Pisang yang Kurang Matang Menjadi Smoothies

Makanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan ususMakanan mengandung prebiotik yang baik bagi kesehatan usus Foto: Getty Images/iStockphoto

Kebanyakan orang pasti membuat smoothies dengan pisang yang telah matang. Namun bisa juga menggunakan pisang yang kurang matang karena kandungan serat prebiotiknya lebih tinggi.

Pisang yang kurang matang mengandung pati resisten. Kandungan itu adalah sejenis pati yang menolak pencernaan di saluran bagian atas dan kemudian masuk ke usus besar yang bertindak sebagai prebiotik untuk memberi makan mikroba usus baik secara selektif.

Kamu bisa mencoba meracik smoothies dengan pisang yang kurang matang dalam kondisi beku bersama yogurt tanpa rasa. Tambahkan juga 1 sendok makan selai kacang, biji chia, bubuk kakao, kurma, dan susu almond.

Baca Juga: Setelah Twitter, Elon Musk Ingin Beli Coca-Cola dan McDonald's

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com