Hindari Komsumsi 5 Minuman Ini di Sore Hari Agar Tubuh Tak Lesu

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 27 Apr 2022 11:32 WIB
Minuman bikin lesu yang sebaiknya dihindari Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Saat sore hari banyak orang merasakan fatigue atau kelelahan. Untuk menambah energi banyak orang mengonsumsi minuman tapi sebaiknya hindari 5 minuman ini agar tak makin lesu.

Fatigue merupakan kondisi tubuh merasa lelah, lesu, karena berkurangnya energi dan biasanya disusul rasa mengantuk. Kondisi ini banyak dialami saat waktu menjelang sore, pada pukul sekitar 3 sampai 4 sore.

Untuk melawan fatigue, biasanya dengan mengonsumsi minuman yang dapat menambah energi. Banyak sekali yang memilih kopi karena mengandung kafein tinggi yang dapat meningkatkan energi.

Dilansir dari Eat This (21/4), kalau ingin minum kopi sebaiknya pilih yang kopi hitam. Jangan kopi dengan varian manis, karena malah bisa membuat tubuh terasa lebih lelah. Begitu juga dengan minuman soda hingga aneka minuman kaleng.

Baca Juga: Sering Dianggap Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tak Sesehat yang Dikira

Berikut 5 minuman yang harus dihindari kalau sedang merasa lelah.

1. Kopi Manis

Minuman bikin lesu yang sebaiknya dihindariMinuman bikin lesu yang sebaiknya dihindari Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi memiliki kandungan zat kafein tinggi yang dapat meningkatkan energi. Oleh karenanya banyak dikonsumsi mereka yang bekerja.

Namun perlu diperhatikan jenisnya, karena kopi dengan beragam campuran manis justru makin membuat tubuh merasa lelah. Jenis kopi hitam yang paling tepat dikonsumsi tubuh.

"Saat mengonsumsi minuman kopi super manis, kemungkinan akan membuat kamu mengantuk setelah mengonsumsi gula dan kafein yang tinggi," kata ahli diet Sydney Greene.

2. Minuman Soda dan Es Teh Manis

Minuman soda memang terasa menyegarkan dahaga kalau dikonsumsi saat siang hari atau merasa lelah. Namun minuman soda tak benar-benar menghilangkan rasa lelah, karena hanya menyegarkan dahaga saja.

Justru minuman ini malah makin membuat tubuh merasa lelah. Karena memiliki kandungan gula yan tinggi.

"Minuman ini mengandung gula rafinasi dan dapat menyebabkan fluktuasi gula darah, yang menyebabkan kelelahan," jelas Lisa Young selaku ahli diet.

Selain membuat energi berkurang, mengonsumsi minuman manis seperti minuman bersoda dan es teh manis justru dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengonsumsi 1-2 minuman manis per hari memiliki risiko 26% lebih besar terserang diabetes tipe 2.

Baca Juga: Kisah Mantan Pegawai Bank Sukses Jual Kue Kacang Beromzet Rp 1 Miliar

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com