ADVERTISEMENT

5 Tips 'Cheting Day' ala dr Richard Lee Agar Berat Badan Tetap Terkontrol

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 27 Apr 2022 07:00 WIB
Tips cheating day
Foto: iStock
Jakarta -

Meskipun sedang konsisten melakukan diet, tetapi penting juga untuk melakukan 'cheating day'. Begini tipsnya agar berat badan tetap terkontrol.

Pada dasarnya diet merupakan pola makan di mana cara dan jenis makannya diatur. Diet bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencapai berat badan yang terkontrol.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diet harus dilakukan secara konsisten. Meski begitu, penting juga untuk memasukkan 'cheating day' atau hari libur diet dalam sepekan.

Seperti yang disampaikan oleh dr Richard Lee melalui channel YouTubenya (16/04). Ia mengatakan bahwa ketika diet, tubuh juga memerlukan hari libur. Namun, ketika melakukan cheating day juga harus dikontrol. Hal tersebut perlu dilakukan agar berat badan tidak naik lagi.

Berikut 6 tips cheating day agar berat badan tetap terkontrol dari dr. Richard Lee:


1. Makan Pelan-pelan

Tips cheating dayTips cheating day dengan makan pelan-pelan Foto: iStock

Cara makan yang baik adalah secara perlahan. Menurut dr Richard Lee, makan secara perlahan dapat membuat perut terasa kenyang, sehingga menahan nafsu untuk makan lebih banyak.

Lebih lanjut, dr Richard Lee juga menjelaskan bahwa makan pelan-pelan akan menghasilkan enzim, alpha amilase dan enzim lungar lipase dalam air liur.

Enzim tersebut yang membantu memecah karbohidrat dan lemak. Enzim itu diproduksi oleh kelenjar ludah. Ketika kamu mengunyah dengan cepat, proses ini tidak akan terjadi secara maksimal.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Diet dalam Ajaran Islam yang Gampang Dicontek

2. Makan-makanan Favorit

Tips cheating dayTips cheating day boleh makan makanan favorit Foto: iStock

Rugi juga melakukan cheating day tetapi tidak makan makanan favorit. Dr Richard Lee menyebutkan bahwa tidak ada salahnya untuk makan makanan favorit, seperti pizza, bakso hingga makanan manis.

Tipsnya supaya tidak makan terlalu banyak adalah menaruh makanan favorit di paling akhir. Misalnya kamu lebih dulu ngemil makanan ringan terlebih dahulu.

Kemudian baru kamu menikmati makanan favorit. Tips ini bisa membuat kamu mampu mengontrol porsi makan.

"Kalau ditaruh paling awal, pasti kamu bisa menghabiskan semua makanan, tapi kalau di paling akhir, kamu baru makan 2 potong juga udah kenyang," ujar dr Richard Lee.



Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT