Inilah 4 Cara Diet dalam Ajaran Islam yang Gampang Dicontek

Riska Fitria - detikFood
Senin, 28 Mar 2022 06:00 WIB
Diet yang baik dalam Islam
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan diet. Namun jangan diet ekstrem, ini diet dalam ajaran Islam.

Diet sebenarnya tidak melulu soal menurunkan berat badan, tetapi lebih kepada menjalankan pola makan sehat untuk kesehatan tubuh. Sementara penurunan berat badan hanyalah bonus.

Dalam ajaran Islam pun diajarkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan umat Muslim pernah mengajarkan bagaimana cara menjalani pola makan sehat.

Pola makan sehat tersebut tentunya sesuai dengan ajaran Islam yang mana tidak berlebihan. Seperti yang banyak terjadi, di mana seseorang rela melakukan diet ekstrem demi menurunkan berat badan.

Berikut cara diet dalam ajaran Islam:

1. Puasa

Diet yang baik dalam IslamDiet yang baik dalam Islam adalah dengan melakukan puasa Foto: iStock

Puasa memang merupakan bentuk ibadah umat Muslim kepada Allah SWT. Namun, dalam ibadah ini dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Puasa bisa jadi treatment untuk mengistirahatkan organ pencernaan.

Dengan berpuasa bisa meminimalisir penumpukan lemak-lemak penyebab berat badan meningkat. Meskipun telah seharian berpuasa, ketika buka dan sahur juga jangan asal dalam memilih makanan.

Pastikan memilih makanan yang memiliki kadar air tinggi, sehingga bisa menghidrasi tubuh. Selain itu, konsumsi makanan kaya protein dan serat agar menekan rasa lapar dan sistem pencernaan lancar.

Dan yang pasti, ketika berpuasa niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Jangan hanya diniatkan untuk menurunkan berat badan saja.

Baca Juga: 5 Menu Diet Adele yang Turun BB 45 Kg, dari Sarapan hingga 'Cheat Meal'

2. Tidak Makan Berlebihan

Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan, termasuk makan berlebihan ataupun makanan terlalu sedikit. Hal ini pernah dijelaskan dalam Al Quran surat Al-Araf ayat 31, yang artinya:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,".

Jadi, makanlah secukupnya. Selain itu, Islam juga mengajarkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]