Sering Dianggap Sehat, 7 Makanan Ini Ternyata Tak Sesehat yang Dikira

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 26 Apr 2022 10:30 WIB
Rice berry Rice, organic rice in bowl, Thia healthy food
Foto: Getty Images/iStockphoto/dontree_m

4. Yogurt aneka rasa

Yogurt memang dianggap sebagai makanan sehat karena melalui tahap fermentasi dan mengandung probiotik yang tinggi. Konsumsi yogurt secara rutin dinilai ampuh untuk menjaga kesehatan usus hingga memperkuat imunitas.

Yogurt di supermarket juga banyak yang ditawarkan dengan berbagai rasa-rasa buah yang lezat. Tetapi yogurt dengan perasa ini justru menjadi jenis yogurt kemasan yang mengandung kadar gula jauh lebih tinggi dibandingkan yogurt alami yang rasanya dinilai kurang enak.

5. Nasi merah

Nasi merah seringkali dikatakan jauh lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. Hal ini lantaran nasi merah memiliki serat dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan nasi putih biasa.

Tetapi nasi merah ternyata lebih cenderung bisa mengandung kadar arsenik yang dapat menyebabkan kanker lebih tinggi daripada nasi putih. Ancaman kehadiran arsenik yang berbahaya ini datang dari konsumsi nasi merah yang berkepanjangan.

Agave nectar running off a metal spoon.Sirup agave yang konon diklaim sebagai pemanis paling sehat ternyata tidak lebih rendah kadar fruktosanya dengan sirup jagung. Foto: iStock

6. Sirup agave

Sirup agave yang dibuat dari beberapa jenis tumbuhan ini dikatakan sebagai pemanis yang lebih sehat dibandingkan dengan pemanis yang lainnya. Ternyata kandungan pemanis pada sirup yang dianggap sehat ini tidak jauh berbeda dengan pemanis lainnya.

Sirup agave mengandung fruktosa yang bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan sirup jagung. Konsumsi sirup agave yang terlalu sering dan berlebihan bahkan dikaitkan dengan risiko obesitas dan beberapa penyakit kronis yang mengancam.

7. Jus buah

Buah memang selalu identik dengan manfaat sehatnya. Selain buah potong, untuk mendapatkan manfaatnya ini juga banyak dijual jus buah dalam kemasan. Nyatanya, jus buah kemasan menjadi jus yang paling tidak sehat untuk dikonsumsi.

Jus buah kemasan memiliki kadar serat yang rendah, kandungan gula yang tinggi, serta beberapa bahan tambahan yang dapat mengurangi efektivitas manfaat sehatnya. Jus buah kemasan sangat tidak disarankan oleh pakar kesehatan. Jus buah yang dibuat di rumah dengan buah yang segar akan menjadi jus buah yang terbaik.

Baca juga: Ojol Minta Biaya Parkir Rp 1.000, Pelanggan Ini Batalkan Pesanan Makanannya



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kepiting Saus Tiram di Popa Seafood PIK"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)