Terbukti Secara Ilmiah! Ini 5 Manfaat Sehat Rutin Makan Cokelat

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 05:00 WIB
chocolate experience
Foto: dok. detikFood

3. Sumber nol kalori

Berkali-kali ahli kesehatan menekankan untuk memerhatikan jenis cokelat yang dikonsumsi. Dark chocolate menjadi yang paling direkomendasikan. Olahan cokelat seperti cokelat dengan campuran susu atau pemanis menjadi yang paling wajib untuk dihindari.

"Beberapa cokelat dapat menjadi sumber makanan nol kalori, artinya tubuh tidak akan mendapatkan kalori tambahan bahkan akan mendapat cukup asupan vitamin, mineral atau fitonutrien lainnya," kata Trista Best selaku ahli gizi dari Balance One Supplements.

Dark chocolate yang dikonsumsi secara rutin justru akan membantu mengatasi rasa lapar atau 'ngidam' yang mungkin muncul dari konsumsi gula berlebihan. Tetapi jika kamu memilih cokelat dengan campuran pemanis, susu, atau krim di dalamnya justru akan menimbulkan efek ngidam yang terus menerus tidak bisa dihentikan.

4. Camilan manis yang sehat

Red roses and chocolate candy on a wooden tableDark cokelat juga diperbolehkan sebagai pengganti camilan manis yang dianggap lebih sehat. Foto: iStock

Selama ini camilan manis yang alami dan diakui sebagai camilan sehat ada buah-buahan yang segar. Tetapi beberapa orang ada yang tidak bisa mengonsumsi buah dengan alasan tidak menyukai rasanya.

Ternyata menurut beberapa pakar kesehatan, dark chocolate yang dikonsumsi sebagai camilan manis dapat membantu menjadi sumber gula dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja tetap dalam batas yang aman dan tidak berlebihan.

Jika konsumsi cokelat terlalu sering, terlebih pada jenis cokelat yang tinggi kandungan pemanisnya justru akan menyebabkan efek yang sebaliknya. Tubuh bisa terus menerus ngidam makanan manis dan mengalami lonjakan berat badan akibat asupan kalori yang menumpuk.

5. Sumber asupan magnesium

"Cokelat mengandung magnesium yang sangat baik yang dapat memberikan banyak manfaat dan mineral secara alami yang didapatkan tumbuhan kakao dari dalam bumi ke dalam tubuh," kata Best.

Ada beberapa mineral alami yang dari alam yang sebenarnya begitu penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini karena beberapa mineral tersebut dibutuhkan untuk menjaga kenormalan fungsi organ tubuh termasuk beberapa organ vital.

Salah satunya adalah untuk menjaga fungsi otak, kognitif, hingga beberapa pembuluh darah di dalam tubuh. Jadi, manfaat cokelat sebenarnya jauh lebih kompleks dibandingkan untuk menciptakan endorfin atau hormon kebahagiaan di otak.

Baca juga: Sedih! Gerai Nasi Kari 45 Tahun Ini Terpaksa Tutup karena Tak Punya Penerus



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)