Terbukti Secara Ilmiah! Ini 5 Manfaat Sehat Rutin Makan Cokelat

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 05:00 WIB
chocolate experience
Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Cokelat sering dianggap sebagai makanan manis yang banyak dihindari. Ternyata di balik rasa manisnya, konsumsi cokelat punya banyak manfaat yang telah terbukti secara ilmiah.

Banyak orang di dunia yang merasa bahwa mereka perlu menghindari cokelat untuk kesehatan. Kenyataannya, cokelat yang masih murni tanpa tambahan gula justru memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh.

Courtney D'Angelo selaku ahli kesehatan dan penulis di Go Wellness, mengatakan bahwa jika rutin mengonsumsi cokelat setiap hari ada manfaat ajaib yang bisa dapatkan oleh tubuh. Hal ini lantaran buah kakao yang menjadi bahan utama pembuatan cokelat memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang sangat baik.

Tetapi perlu diingat manfaat cokelat ini hanya bisa didapatkan dari cokelat dengan kadar bahan tambahan yang rendah. Bukan cokelat yang tinggi akan gula dan krimnya tetapi cokelat yang masih lebih banyak konsentrasi kakaonya.

Baca juga: Pesan Makanan 15 Menit Sebelum Resto Tutup, Pelanggan Ini Dihina Habis-habisan

Berikut 5 manfaat konsumsi cokelat yang teruji secara klinis menurut Eat This Not That (19/4):

Minum Hot Chocolate Baik untuk Kesehatan OtakKonsumsi hot cokelat yang murni konon sangat baik untuk menyehatkan jantung dan kardiovaskular. Foto: iStock

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Dark chocolate yang tinggi akan kandungan antioksidan mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung. Bukan hanya dari antioksidan, melainkan juga komponen flavonoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

"Ada kandungan antioksidan yang ditemukan dalam dark chocolate yang dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah ke jantung, mengurangi risiko penyumbatan, dan telah terbukti menunjukkan efek dapat menurunkan tekanan darah," kata D'Angelo.

Bahkan efek lebih lanjut dari rutin konsumsi cokelat untuk kesehatan jantung adalah dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Banyak penelitian yang telah mencoba membuktikan hal tersebut dan hampir semua hasilnya serupa.

2. Meredakan stres

Bukan lagi rahasia jika konsumsi cokelat dapat meredakan perasaan negatif seperti sedih atau bahkan marah. Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh ahli juga menunjukkan hasil bahwa makan cokelat dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

"Jika kamu berpikir tentang makan cokelat akan selalu dapat meningkatkan mood, berdasarkan penelitian terhadap cokelat yang telah dilaporkan memang efeknya menunjukkan dapat meredakan perasaan stres," kata D'Angelo.

Hal ini dikatakan oleh D'Angelo masih memiliki kaitan dengan efek cokelat yang dapat menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular. Tetapi konsumsi cokelat kemasan seperti yang ditemukan di minimarket wajib diwaspadai karena kandungan gula dan kalorinya justru dapat meningkatkan kecemasan dan kecenderungan depresi.

Baca juga: Apa Benar Konsumsi Asam Jawa Bikin Sperma Kental? Ini Penjelasannya

Manfaat ajaib makan cokelat secara rutin lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]