Kenali 4 Kebiasaan Minum yang Picu Masalah Kesehatan Hati

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 12 Apr 2022 06:00 WIB
Drink Can Foto: iStock
Jakarta -

Ada beberapa kebiasaan minum tak sehat yang dapat merusak hati. Di antaranya mengonsumsi minuman berakohol hingga kurang minum air putih, ini kata ali.

Hati merupakan salah satu organ terpenting di tubuh karena berperan sebagai pembangkit tenaga suatu organ. Tanpa disadari, hati bekerja lebih keras untuk tubuh.

Fungsi hati yang umum diketahui adalah menyaring dan membersihkan darah. Selain itu, hati memiliki beragam fungsi lain, seperti memproduksi dan metabolisme protein, tempat penyimpanan nutrisi, hingga memproduksi empedu.

Kesehatan hati harus terus diperhatikan kalau ingin selalu sehat dan bugar. Dilansir dari Eat This (7/4) salah satu cara yang dapat dilakukan dengan mengikuti pola makan sehat. Di antaranya seperti mengonsumsi lemak sehat, membatasi konsumsi gula tambahan, hingga mengindari kebiasaan minum tak sehat.

Baca Juga: Jajan Es Cendol di Los Angeles, Nikita Willy Kaget dengan Harganya!

Berikut 4 kebiasaan minum yang dapat merusak hati:

1. Minuman Bersoda

Woman hand giving glass ,Soft drinks with ice, sweethart or buddyminuman soda Foto: Getty Images/iStockphoto/tongpatong

Minuman bersoda, salah satu jenis minuman yan tak sehat. Meski ada versi dietnya, minuman soda tetap saja berbahaya bagi kesehatan. Terutama dapat merusak hati jika rutin dikonsumsi.

Ahli diet Trista Best menjelaskan, "Soda dapat mendatangkan malapetaka pada hati seseorang dengan menyebabkan penumpukan lemak yang pada akhinya menyebabkan penyakit hati jika dibiarkan terus-menerus."

"Ini terutama karena gula rafinasi dan sirup jagung fruktosa tinggi yang dikandungnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula rafinasi mungkin memiliki efek yang bisa lebih merusak hati daripada alkohol, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar," lanjut best.

2. Minuman Beralkohol

Tolak Minuman Beralkohol dari Bos, Pegawai Baru Ini Ditamparkonsumsi minuman beralkohol Foto: Getty Images/iStockphoto

Hati adalah salah satu organ yang paling terpengaruh dari mengonsumsi minuman beralkohol. Terutama jika mengonsumsinya secara terus menerus.

"Bukan rahasia lagi kalau alkohol dapat merusak hati, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar dari batas yang direkomendasikan setiap hari," ungkap Best.

"Ini karena hati adalah organ detoksifikasi alami tubuh. Hati menyaring semua yang masuk ke dalam tubuh, termasuk alkohol. Kandungan alkohol dapat menyebabkan sel-sel hati menjadi rusak dan hancur seiring waktu yang mengakibatkan jaringannya tidak beregenerasi," sambungnya.

Baca Juga: Dibiarkan Selama 4 Tahun, Bumbu Mie Ini Berubah Jadi Kristal

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Bakso Kraton Toping Lidah Goreng"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com