ADVERTISEMENT

Dibiarkan Selama 4 Tahun, Bumbu Mie Ini Berubah Jadi Kristal

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 09 Apr 2022 10:00 WIB
Bumbu Mie Ini Berubah Jadi Kristal
Foto: Twitter @Nakazako
Jakarta -

Seorang pria menemukan 'kristal' saat ia membersihkan lemari es. Ternyata kristal ini adalah garam dari sisa bumbu mie yang sudah disimpan lebih dari 4 tahun.

Banyak orang yang menemukan 'harta karun' unik dari dalam lemari es di rumahnya. Biasanya berupa makanan yang terlupakan dan mengendap bertahun-tahun. Ada yang menjadi makanan busuk, namun tak sedikit yang justru jadi temuan mengesankan.

Seperti seorang pria yang menemukan kristal dari dalam lemari es di rumahnya. Dilansir dari Grapee (8/4) pria bernama Sakana Nakasako membagikan pengalaman lewat Twitternya @Nakazako.

Bumbu Mie Ini Berubah Jadi KristalBumbu Mie Ini Berubah Jadi Kristal Foto: Twitter @Nakazako

Ia menemukan sebotol mentsuyu yakni saus khas Jepang yang biasa dijadikan bumbu untuk tambahan mie soba atau udon. Saus ini secara tidak sengaja sudah tersimpan selama empat tahun dalam lemari es.

Ketika melihat isi saus ini, ia terkejut karena tampilannya sama sekali tidak seperti saus yang konsistensinya kental. Sisa bumbu ini justru menggumpal dengan tekstur yang keras seperti batu.

"Sebuah kristal garam berukuran 1 cm keluar dari wadah kaldu sup mentsuyu yang telah kulupakan selama empat tahun," kata Nakasako.

Di dalam botol, saus mie ini telah berubah menjadi kristal garam yang bentuknya sangat menarik. Saat garam pada saus ini mengkristal, warna coklat gelap saus menambahkan pola dan membuat tampilannya seperti permata. Netizen yang melihat kristal ini pun tak menyangka kalau ini adalah sisa saus mie.

Kristal berwarna bening ini merupakan garam yang menggumpal karena didiamkan terlalu lama dalam suhu dingin. Senyawa dalam garam akan menggumpal karena kandungan airnya berkurang secara bertahap. Tak heran kalau cairan garam ini menjadi keras seperti batu.

Nakasako ternyata bukan satu-satunya orang yang pernah menemukan sisa saus yang menggumpal. Netizen lainnya juga pernah memiliki pengalaman serupa. Ada yang berasxddsal dari saus natto hingga kecap ikan.

Bumbu Mie Ini Berubah Jadi KristalBumbu Mie Ini Berubah Jadi Kristal Foto: Twitter @Nakazako

"Jika tidak ada yang memberitahu itu saus mentsuyu, kamu akan mengira itu kristal permata langka," kata netizen.

"Saya tidak akan pernah dengan sengaja meninggalkan bumbu di lemari es, tetapi ini akan menjadi penemuan yang luar biasa!" sahut netizen lain.

"Ketika bumbu yang terlupakan digali dari lemari es, mereka bisa berubah menjadi harta karun!"

Meskipun hasilnya cantik tetapi bukan berarti kamu harus sengaja menyimpan saus dalam lemari es selama bertahun-tahun. Akan lebih baik jika saus ini digunakan hingga habis.



Simak Video "Pos Ketan Legenda, Camilan Legendaris di Pasar Laron Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT