5 Pola Makan Ini Bisa Merusak Kualitas Sperma, Bapak-bapak Wajib Tahu!

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 11 Apr 2022 05:00 WIB
kualitas sperma pria
Foto: thinkstock

3. Waspada dengan konsumsi seafood

Seafood atau makanan laut memang tidak semuanya berdampak negatif bagi kesuburan sperma pada pria. Tetapi ada beberapa jenis seafood yang konon dapat merusak kualitas sperma dengan begitu cepat.

Walaupun tinggi akan kandungan omega-3, tetapi ada kandungan merkuri yang tinggi pada beberapa jenis seafood yang wajib dihindari. Beberapa jenis seafood yang harus diwaspadai misalnya seperti makanan yang dikemas dalam bentuk kaleng yang konon mengandung merkuri yang begitu tinggi.

Tetapi ada beberapa jenis seafood yang direkomendasikan untuk memperkuat dan menyehatkan sel sperma. Seperti ikan-ikan segar tinggi omega-3 berupa salmon dan beberapa jenis hewan bercangkang.

4. Terlalu banyak konsumsi soda

Woman hand giving glass ,Soft drinks with ice, sweethart or buddyTerlalu sering minum minuman bersoda juga dapat menyebabkan stres oksidatif yang hasilnya berdampak pada penurunan kualitas sperma pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/tongpatong

Minuman yang manis sangat tidak disarankan untuk kesehatan siapapun konsumennya. Terlebih dikonsumsi pada beberapa pasangan yang sedang merencanakan program kehamilan.

Beberapa penelitian telah mencari dan menemukan efek minuman tinggi gula dan bersoda terhadap kesuburan pasangan suami istri. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi lebih dari satu porsi soda dapat memengaruhi kesuburan.

Ternyata penyebab tersebut ditimbulkan oleh efek gula yang dapat meningkatkan resistensi insulin. Hasilnya ketika terjadi resistensi insulin maka akan merujuk pada stres oksidatif yang dapat merusak sperma.

5. Konsumsi alkohol dan kafein berlebihan

Asupan alkohol dan kafein dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma yang begitu berdampak pada kesuburan dan keberhasilan pasutri untuk mendapatkan momongan. Efeknya hampir mirip dengan minuman bersoda, minuman dengan alkohol dan kafein juga dapat menimbulkan stres oksidatif yang merusak.

Meluruskan pernyataan tersebut, beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa konsumsi kafein dan soda wajib dibatasi maksimal hanya dua porsi per hari. Selain itu, ada beberapa makanan yang juga harus diimbangi jika ingin menjadi kesehatan sperma.

Jika biasanya minum alkohol atau kopi paling enak ditemani dengan goreng-gorengan atau kue-kue gurih, kebiasaan ini harus dipertimbangkan kembali. Goreng-gorengan seperti kentang goreng atau pastry menurut pakar dikategorikan sebagai junk food yang dapat merusak kesehatan sperma pada pria.

Baca juga: Hati-hati! 7 Kebohongan pada Label Makanan Ini Bisa Bikin Pembeli Terkecoh



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Potato Cheese Bread ala Korea di Tengah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)