Selain Mengenyangkan, Ini 6 Alasan Kamu Harus Makan Pisang

ADVERTISEMENT

Selain Mengenyangkan, Ini 6 Alasan Kamu Harus Makan Pisang

Riska Fitria - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 10:30 WIB
Manfaat pisang
Foto: iStock
Jakarta -

Ada banyak alasan mengapa kamu harus mengonsumsi pisang. Selain bisa membuat kenyang, konsumsi pisang juga memberi banyak manfaat kesehatan.

Manfaat pisang jadi perbincangan usai Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa tidak perlu makan nasi agar kenyang, tetapi cukup makan dua pisang saja.

Sayangnya, pernyataan itu banyak ditentang netizen. Namun faktanya, pisang mengandung karbohidrat yang bisa membuat kenyang bahkan tanpa menambah kalori.

Karenanya pisang sering jadi pilihan menu makan bagi pelaku diet. Selain karbohidrat, masih banyak nutrisi penting yang terkandung dalam pisang.

Dilansir dari HealthXchange.sg, berikut 6 alasan kamu harus makan pisang:

1. Pisang Sumber Vitamin B6

Manfaat pisangManfaat pisang bisa menghasilkan sel darah merah Foto: iStock

Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang baik. Vitamin tersebut mudah diserap oleh tubuh. Pisang yang berukuran sedang dapat memberikan sekitar seperempat kebutuhan vitamin B6 harian kamu.

Vitamin B6 dalam pisang dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh. Mulai dari menghasilkan sel darah merah, memetabolisme karbohidrat dan lemak dan memelihara sistem saraf yang sehat.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bakal Terjadi Saat Kamu Berhenti Makan Pisang

2. Pisang Kaya akan Vitamin C

Selain vitamin B6, pisang juga kaya akan vitamin C. Pisang berukuran sedang bisa menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian kamu.

Vitamin C tersebut dapat berperan sebagai antioksidan untuk menghalau radikal bebas dalam tubuh. Makan pisan bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik. Selain itu baik untuk kesehatan tulang, kulit dan memperbaiki suasana hati.

3. Mengandung Mangan

Manfaat pisangManfaat pisang bagus untuk kesehatan kulit Foto: iStock

Pisang mengandung mangan yang baik untuk kesehatan kulit. Satu buah pisang berukuran sedang bisa menyediakan sekitar 13% kebutuhan mangan harian.

Manfaatnya dalam kesehatan kulit, mangan berperan untuk membuat kolagen dan melindungi kulit dan sel-sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 7 Manfaat Konsumsi Pisang, Buah Favorit untuk Sarapan

4. Kaya Akan Kalium

Nutrisi lain yang terkandung dalam pisang adalah kalium. Bahkan pisang berukuran sedang bisa menyediakan sekitar 320-400 mg kalium.

Jumlah tersebut memenuhi sekitar 10% kebutuhan kalium harian kamu. Kalium akan berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Selain itu, pisang juga rendah sodium. Kombinasi antara tingginya kalium dan rendahnya sodium membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

5. Pisang Mengandung Serat Tinggi

Manfaat pisangManfaat pisang dapat memperlancar sistem pencernaan Foto: iStock

Makan pisang bagus untuk sistem pencernaan. Itu karena pisang mengandung serat dalam jumlah yang tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang bisa memenuhi sekitar 10-12% dari kebutuhan harian.

Menurut ahli gizi, serat larut dapat membantu mengontrol gula darah dan membuang zat lemak seperti kolesterol. Begitu juga dengan serat tidak larut yang dapat melancarkan saat BAB.

6. Pisang dapat Memberi energi

Pisang mengandung tiga gula alami yakni sukrosa, fruktosa dan glukosa. Tiga gula alami tersebut dapat memberi sumber energi yang bebas lemak dan bebas kolesterol.

Dengan begitu, pisang merupakan menu pilihan yang ideal untuk sarapan atau sebagai camilan. Makan pisang juga bisa membuat perut terasa kenyang.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan, Cocok Juga untuk Diet!



Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Tongseng dan Gulai Kambing Endul di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT