7 Manfaat Konsumsi Pisang, Buah Favorit untuk Sarapan

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 18 Nov 2021 06:00 WIB
Manfaat Pisang untuk Wanita Foto: Thinkstock
Jakarta -

Tak banyak yang tahu buah pisang sebenarnya punya banyak manfaat. Tujuh manfaat kesehatan ini bisa didapatkan dengan cara rutin konsumsi pisang.

Buah pisang dikenal sebagai buah yang murah dan mudah didapatkan di Indonesia. Saking mudahnya didapat dan dibanderol dengan harga yang murah di pasaran, pisang kerap dipandang sebelah mata.

Belum banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya pisang begitu kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Para ahli kesehatan bahkan menyarankan pisang sebagai buah yang mudah dan murah didapatkan untuk dikonsumsi secara rutin dan menjaga kesehatan tubuh.

Kaya akan berbagai kandungan gizi seperti magnesium, potasium, vitamin B dan berbagai jenis nutrisi yang lain, konsumsi buah pisang juga telah terbukti secara ilmiah sangat bermanfaat untuk kesehatan. Para ahli juga mengungkapkan bahwa semakin matang buah pisang, maka khasiatnya semakin kaya.

Berikut ini 7 manfaat rutin konsumsi pisang menurut Eat This, Not That:

Police found 7kg of cocaine stuffed inside 57 fake bananas in a shipment of real bananas that arrived from South America in the Mediterranean port of Valencia. — AFP picFoto: AFP Photo

1. Bantu Pembentukan Otot

Saat akan memulai kegiatan olahraga di pagi hari maupun setelah berolahraga, otot tubuh terasa seperti sakit dan pegal? Hal tersebut menandakan bahwa tubuh kekurangan banyak magnesium. Pisang diketahui mengandung magnesium yang begitu banyak sehingga mampu mengatasi kontraksi otot dan relaksasi setelah tubuh berolahraga.

Selain itu, saat dikonsumsi sebelum berolahraga, pisang juga dapat membantu mengeluarkan cadangan lemak dari penyimpanannya sehingga dapat terbakar saat tubuh berolahraga. Selain dikonsumsi sebagai buah yang dimakan langsung, kandungan magnesium dalam pisang juga bisa dinikmati dengan cara merebus pisang yang masih utuh dengan kulitnya selama 7 hingga 10 menit atau mengonsumsi air rebusannya sebelum tidur.

2. Ciptakan Perasaan Senang

Punya kandungan vitamin B yang sangat baik, pisang juga memiliki kandungan vitamin B9 atau yang juga dikenal dengan folat. Folat ini merupakan nutrien yang paling penting untuk melawan depresi dengan cara meningkatkan komponen antidepresan seperti yang diungkapkan oleh National Institutes of Health.

Kandungan folat ini dikatakan membantu serotonin dapat memasuki otak dengan lebih cepat. Menurut penelitian pada Indian Journal of Psychiatry, pasien yang mengalami depresi cenderung memiliki kadar folat dalam darah yang sangat rendah dari rata-rata yang seharusnya dimiliki pada manusia yang normal.

Baca juga: 5 Tips Langsing Permanen dari dr. Shindy, Kakak RiaRicis

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Laris Manis Madumongso Pisang dari Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com