5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan, Cocok Juga untuk Diet!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 06:00 WIB
Masker wajah kulit pisang Foto: iStock
Jakarta -

Manfaat buah pisang bagi kesehatan sangat banyak. Mulai dari sehatkan jantung, gula darah, sampai bantu turunkan berat badan!

Pisang jadi buah favorit orang Indonesia untuk dikonsumsi sehari-hari. Sifatnya yang praktis membuat pisang biasa dijadikan bekal atau disantap sambil melakukan aktivitas lain.

Selain kepraktisannya, pisang juga memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Tak heran, ada segudang manfaat buah pisang bagi kesehatan.

Salah satu nutrisinya yaitu potasium, dapat bantu membentuk energi. Bahkan, jika diperhatikan, banyak atlet yang membawa pisang di dalam tasnya untuk dijadikan sumber energi tambahan pada saat jeda pertandingan.

Dilansir dari MSN.com (21/11), berikut ini 5 manfaat buah pisang bagi kesehatan:

1. Nutrisi pisang

5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

Pisang mengandung banyak zat gizi dan tanpa kandungan lemak. Pisang dengan ukuran sedang mengandung 110 kalori dengan 0 lemak.

"Pisang terkenal dengan kadar potasiumnya, tetapi banyak vitamin dan mineral lain juga ada. Pisang mengandung sumber B6 dan serat signifikan, yang berperan penting untuk kesehatan tubuh seperti mengurangi kolesterol dan menyeimbangkan mood," kata ahli gizi Lisa Richards.

Berikut nutrisi pada satu buah pisang ukuran sedang: protein sebanyak 1 gram, karbohidrat 28 gram, gula 15 gram, serat 3 gram, potasium 450 miligram, magnesium 32 miligram, vitamin C 10,3 miligram, dan vitamin B6 sebanyak 0,4 miligram.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pisang Goreng ala Pizza, Cita Rasa Baru Camilan Unik di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com