Minum Kopi Campur Alkohol, Ini Efek yang Dirasakan Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 02 Apr 2022 07:00 WIB
Efek minum kopi campur alkohol
Foto: iStock
Jakarta -

Irish coffee, menu ini mencampurkan kopi dengan alkohol. Ternyata kombinasi keduanya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Apa saja efek yang dirasakan?

Sebenarnya kopi termasuk ke dalam minuman sehat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kalau dikonsumsi tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya, kopi juga dapat menurunkan berat badan.

Berbeda dengan menu kopi yang sudah dikreasikan. Karena menu kopi ini banyak diberikan campuran pemanis dan lemak, seperi gula, sirup, susu, hingga krimer. Karenanya manfaat kopi berkurang dan menyebabkan masalah kesehatan.

Iced Americano, menu kopi yang muncul saat Perang Dunia ke-2kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Seru Banget! Begini Meriahnya Pasutri Saat Lomba Makan Papeda

Dilansir dari Mashed (31/3), bahkan ada menu kopi yang dicampurkan alkohol. Seperti Irish Coffee atau kopi Irlandia yang belakangan ini populer di kalangan penikmat kopi. Menu satu ini mencampurkan kopi hitam dengan wishkey dan krim.

Walaupun menu kopi ini disebut dapat meningkatkan energi, beberapa ahli menyebut kalau kombinasi kedua bahan itu malah menyebabkan masalah kesehatan. Kopi diketahui mengandung kafein yang tinggi, dan terdapat gula yang tinggi pada minuman beralkohol.

Saat dikonsumsi secara terpisah, kopi dapat meningkatkan energi dengan menjaga tubuh dari rasa kantuk. Sementara minuman beralkohol dapat memperlambat refleks seseorang dengan memengaruhi kimia otak.

Dr. Seema Bonney, MD dari Anti-Aging and Longevity Center of Philadelphia menjelaskan tentang efek gabungan minuman keras dan kafein pada tubuh manusia. Menurut Dr. Bonney, meminum kedua zat sekaligus dapat memiliki beberapa efek berbeda pada orang.

Efek minum kopi campur alkoholEfek minum kopi campur alkohol Foto: iStock

Baca Juga: Wanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Daging Babi Saat Foto Makanan

Seperti efek plasebo, kafein dalam tubuh akan mematikan efek menenangkan dan mengantuk yang dimiliki alkohol pada tubuh. Efek nyata kedua adalah akan mulai merasakan dehidrasi, karena kedua zat tersebut bersifat diuretik yang meningkatkan produksi urin.

Efek lain dari mengonsuami kopi dan minuman beralkohol secara bersamaan dalam jumlah besar dapat berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Risiko lainnya, pola tidur seseorang dapat terpengaruh juga.

Baca Juga: Viral Video Bapak-bapak Bungkus Sisa Makanan dari Resto Mahal, Ada Pesan Mulianya



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)