Wanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Daging Babi Saat Foto Makanan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 01 Apr 2022 13:00 WIB
Wanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Daging Babi Saat Foto Makanan
Foto: TikTok @ddhivaaaa
Jakarta -

Kisah muslim tak sengaja makan daging babi kembali terjadi. Kali ini dialami seorang wanita berkerudung yang menawarkan jasa foto katalog makanan. Begini kisahnya.

Mengonsumsi daging babi atau olahannya jelas haram bagi umat muslim, namun ada kemungkinan seorang muslim berakhir menyantap daging babi. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan muslim tersebut mengenai komposisi makanan yang dilahapnya.

Seperti halnya yang dialami netizen asal Surabaya bernama Adhiva Amalia alias Dhiva. detikfood mengutip informasi ini dari akun TikTok @ddhivaaaa (31/3/2022) atas seizinnya. Di awal video, ia mengatakan, "Tau nggak sih rasanya makan babi, oh ternyata babi itu rasanya kayak tadi?"

Dhiva diketahui berprofesi sebagai fotografer produk makanan. Berbagai makanan basah yang ia dapat dari pelanggan biasanya tidak dikembalikan dan boleh dikonsumsi oleh dirinya dan tim setelah selesai difoto.

"Terus ada makanan yang kelihatan enak banget, nih," katanya sambil menunjukkan gua bao yaitu bakpao putih isi lembaran daging babi, biasanya pork belly. Namun berbeda dengan bakpao biasa yang rotinya bulat utuh, pada gua bao, roti ini dibelah layaknya sandwich.

Wanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Daging Babi Saat Foto MakananGua bao, makanan mengandung babi yang tak sengaja dicicipi Dhiva saat foto produk makanan.Foto: TikTok @ddhivaaaa

Dhiva mengatakan sempat makan segigit gua bao. "Yang bikin curiga nih awalnya karena warna dagingnya kok beda? Terus teksturnya kayak daging sapi, tapi rasanya kayak daging ayam," ujarnya.

Baca Juga: 5 Kisah Muslim yang Tak Sengaja Makan Daging Babi

Ia yang curiga lantas menghubungi pemilik produk makanan ini. "Dan ini fix daging babi. Untung baru makan cuma satu loh," lanjut Dhiva.

Setelahnya ia menjelaskan kalau jasa foto katalog yang ia jalankan sebenarnya tidak menerima produk makanan nonhalal. Dhiva bilang, "Cuma ini ownernya nggak bilang kalau (makanan) itu nonhalal. Salah kita juga karena nggak nanya."

Dhiva mengatakan sengaja tidak menerima produk makanan nonhalal karena khawatir bercampur dengan makanan lain yang juga difotonya. "Kebetulan timnya muslim semua, kalau ya nonmuslim suka sama babi, ya nggak masalah," katanya.

Di akhir video, Dhiva berujar dirinya langsung 'overthinking' usai tak sengaja makan babi. "Padahal sudah rapi, mau pergi, tapi habis gigit daging babi," tutupnya.

Video Dhiva menceritakan pengalamannya ini viral hingga sudah ditonton lebih dari 3 juta kali saat berita ini dibuat. Tak sedikit netizen ikut berkomentar.

Wanita Muslim Ini Tak Sengaja Makan Daging Babi Saat Foto MakananDhiva menyebut rasa daging babi yang dia makan mirip daging ayam, namun teksturnya mirip daging sapi. Foto: TikTok @ddhivaaaa

"Oh yang penting tahu dan nggak lagi-lagi ya," kata seorang netizen. "Nggak apa-apa kak, itu namanya nggak sengaja dan itu juga kita nggak tahu kan," sahut netizen lainnya.

Sebelum Dhiva, pengalaman tak sengaja makan daging babi juga dialami pria muslim ini saat makan nasi campur. Kisahnya viral usai dibagikan lewat akun Twitter @Fkadrun (11/7/2021). "Astagfirullahaladzim, beli makanan di Grab sudah habis setengah. Pas browsing ternyata non halal. Aku makan babi," ujarnya dalam video.

Cerita bermula saat dirinya beli makanan via ojek online. Ia memesan dari gerai Nasi Campur 99 di Karanganyar. Dirinya memilih menu Paket Murmer 2 seharga Rp 35 ribu.

Dalam paket tersebut berisi nasi hainan, lapicong, bakso goreng, telur kecap, sayur asin, kuah merah, kuah coklat dan pelengkap lainnya. Setelah pesanannya datang, pria ini langsung menghabiskan makanannya hingga setengah, sampai akhirnya ia mengetahui kalau yang dimakannya adalah nasi campur nonhalal. Begini kisahnya.

Baca Juga: Pria Muslim Tak Sengaja Makan Babi saat Pesan via Ojol, Ini Hukumnya dalam Islam



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)