Viral Video Bapak-bapak Bungkus Sisa Makanan dari Resto Mahal, Ada Pesan Mulianya

ADVERTISEMENT

Viral Video Bapak-bapak Bungkus Sisa Makanan dari Resto Mahal, Ada Pesan Mulianya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 01 Apr 2022 14:30 WIB
Viral Video Bapak-bapak Bungkus Sisa Makanan dari Resto Mahal, Ada Pesan Mulianya
Foto: Instagram nayana_premnath
Jakarta -

Di India viral video bapak-bapak sedang membungkus sisa makanan yang disantapnya dari restoran mahal. Tanpa gengsi, ia memasukkan sisa pasta ke kotak makan yang sudah dibawanya.

Video bapak-bapak sedang makan di restoran mahal ini diunggah oleh netizen asal India, Nayana Premnath (26/3/2022). Bapak-bapak dalam video itu ternyata adalah ayahnya sendiri.

Terlihat sang ayah tak bisa menghabiskan sepiring pasta saus krim di hadapannya. Ia lalu membuka dabba (kotak bekal berbahan logam) yang sudah disiapkan dari rumah.

Perlahan tapi pasti, ayah Nayana memasukkan sisa pasta di piring ke dalam dabba. Dalam keterangan videonya Nayana mengatakan bangga dengan hal yang dilakukan ayahnya ini.

Nayana yang merupakan pencinta lingkungan merasa sang ayah sudah menunjukkan kecintaannya akan lingkungan. "Hal ini membuat saya senang. Dengan begini, dia mengurangi kami membawa pulang wadah atau kemasan plastik dari restoran. Ini terjadi di restoran yang sangat mewah," katanya.

Viral Video Bapak-bapak Bungkus Sisa Makanan dari Resto Mahal, Ada Pesan MulianyaNayana Premnath senang sang ayah tak malu membungkus sisa makanan dengan memasukkannya ke kotak bekal. Foto: Instagram nayana_premnath

Lewat unggahannya ini pula Nayana ingin mengajak orang-orang untuk tidak malu bungkus sisa makanan dengan wadah ramah lingkungan yang dibawa sendiri. "Meskipun kamu dicibir saat ini, orang-orang bakal melihat adanya perubahan dan akhirnya sadar kalau hal ini bukanlah sesuatu yang sulit dan mereka mulai melakukannya sendiri," kata Nayana.

Ia mengatakan mengajak sang ayah terbiasa membawa kotak bekal saat makan di restoran bukan hal mudah. "Orang tua saya tidak berubah dalam semalam. Butuh waktu 3 tahun untuk melihat perubahan seperti ini," lanjutnya.

Nayana menambahkan, dirinya senang karena orang-orang di sekitarnya sudah mulai memperhatikan lingkungan. "Ibu saya sekarang yang mengingatkan saya untuk bawa dabba kapanpun kami pergi ke restoran," kata Nayana.

Adik perempuannya juga kini terbiasa bawa sedotan stainless sendiri saat nongkrong di kafe. Nayana melanjutkan, "Suami saya selalu menolak pemakaian botol air sekali pakai saat di restoran dan meminta air dalam gelas untuk kami semua."

Viral Video Bapak-bapak Bungkus Sisa Makanan dari Resto Mahal, Ada Pesan MulianyaNayana mengaku butuh waktu hingga 3 tahun untuk melihat perubahan kebiasaan sang ayah yang kini jalani gaya hidup ramah lingkungan. Foto: Instagram nayana_premnath

"Perubahan mencintai lingkungan mungkin lambat. Tapi kamu melakukan apa yang bisa kamu lakukan. Dan jangan menaruh harapan juga (agar orang-orang di sekitar berubah mencintai lingkungan). Biarkan mereka menemukan langkahnya sendiri," ujar Nayana di akhir video.

Unggahan dirinya viral dan mendapat banyak dukungan dari banyak netizen lain. "Benar-benar mendukung langkah seperti ini. Juga cara yang bagus untuk tidak membawa pulang kotak plastik dari restoran untuk mengemas makanan," kata seorang netizen.

"Tindakan ini (membungkus sisa makanan) seharusnya tidak memalukan, ini langkah JENIUS," sahut netizen lainnya. Netizen pencinta lingkungan pun berharap semakin banyak orang-orang yang melakukan inisiatif mulia seperti ini.



Simak Video "Resto Jepang Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT