Seru Banget! Begini Meriahnya Pasutri Saat Lomba Makan Papeda

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 01 Apr 2022 14:00 WIB
Lomba Makan Papeda Seru di Ambon
Foto: TikTok @leomrjk
Jakarta -

Lomba makan yang biasanya ada di Indonesia adalah makan kerupuk. Tapi di Ambon, Maluku ada lomba makan papeda yang diikuti pasutri. Begini keseruannya!

Lomba makan biasanya dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Paling umum yang dilombakan adalah makan kerupuk. Berbeda dengan lomba makan yang diadakan warga Ambon, Maluku satu ini karena menggunakan makanan khas berupa papeda.

Lomba makan papeda yang diikuti pasangan suami dan istri ini dibagikan momennya oleh netizen bernama Julio Kesaulia di akun TikTok miliknya (29/3). Dalam video yang diunggah oleh Julio, ia menyematkan keterangan, "Lomba Tuang, Bale, dan Makan Papeda."

Tim detikFood telah mengkonfirmasi langsung pada Julio soal video yang viral di TikTok ini. Lokasi diadakannya lomba ini ada di Dusun Airlouw, Nusaniwe, Ambon.

Lomba Makan Papeda Seru di AmbonLomba Makan Papeda Seru di Ambon Foto: TikTok @leomrjk

Julio saat itu bertugas sebagai salah satu panitia dalam peringatan hari besar Grejawi di dusun tersebut. Julio mengabadikan momen ini untuk disebarkan pada media sosial dan memberikan contoh pada banyak orang kalau lomba makan yang unik dan seru juga ada di Ambon.

Baca Juga: Resep Lemper Ayam yang Pulen Gurih dan Wangi Aromanya

Julio juga sangat senang dengan viralnya video tersebut, karena dapat mengenalkan papeda sebagai makanan khas Maluku ke banyak orang. "Ide baik untuk memperkenalkan papeda makanan khas Maluku ke banyak orang," ujarnya kepada detikFood.

Dalam video yang dibagikan oleh Julio terlihat keseruan beberapa pasang pasutri yang sibuk mengikuti lomba. Tak hanya menyantap papeda, sebelumnya para istri harus membuat papeda terlebih dahulu.

Lomba Makan Papeda Seru di AmbonLomba Makan Papeda Seru di Ambon Foto: TikTok @leomrjk

Papeda yang mereka buat berasal dari tepung sagu yang diracik dengan air panas. Setelah itu racikan tersebut diaduk hingga tercampur merata dan teksturnya kenyal-kenyal.

Setelah papeda jadi, para istri ini akan berlari ke arah suami untuk menyajikan papeda di atas piring yang telah berisikan sayur ikan kuning. Para suami ini harus menyantap papeda tanpa bantuan sendok atau garpu.

Baca Juga: Ini 4 Kesalahan Saat Masak Mie Instan yang Sering Dilakukan

Para suami ini terlihat seru mengambil papeda menggunakan tangan. Ada juga yang langsung mendekatkan mulut mereka ke piring. Namun, mereka tampak kesulitan menikmatinya. Lucunya ada salah seorang bapak-bapak yang kepalanya terkena lengketnya papeda.

Lomba Makan Papeda Seru di AmbonLomba Makan Papeda Seru di Ambon Foto: TikTok @leomrjk

Video milik Julio ini sudah ditonton lebih dari 945 ribu kali. Banyak juga netizen yang mengomentari video tersebut.

"Aku ngakak pas papedanya kena kepala botak bapak-bapak itu, terima kasih sudah menghibur," komentar netizen.

"Keren! Dengan begini yang di luar sana tau akan makanan papeda. Saya paling suka papeda," sahut netizen lain.

Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Biasanya bubur sagu ini disajikan dengan sayur kuning ikan tongkol.

Baca Juga: Enak! Ini 7 Olahan Bakso Beku Rasa Unik yang Cocok Buat Stok Puasa



Simak Video "Bikin Laper: Santap Papeda Kerapu Kuah Kuning yang Kaya Serat"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)