Hemat! Ini 7 Tips untuk Makan Sehat Tanpa Bayar Mahal

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 29 Mar 2022 05:00 WIB
Closeup on money in piggy bank and purchases from local market on table
Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance
Jakarta -

Makan sehat seringkali dikaitkan dengan harga yang mahal. Ternyata ada caranya agar bisa makan sehat tetapi tetap hemat.

Kesadaran akan hidup sehat kini mulai meningkat di berbagai kalangan masyarakat. Keinginan untuk mengubah pola makan menjadi lebih tinggi nutrisi dan rendah lemak kini banyak diminati.

Tetapi makanan sehat seringkali identik dengan harganya yang mahal, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah untuk berlangganan paketnya. Bahan makanan organik yang premium, berbagai saus dan bahan nabati berharga tinggi, hingga beberapa jenis bahan makanan yang jarang ditemukan di dalam negeri.

Ternyata untuk bisa makan sehat bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Menurut pakar nutrisi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap makan sehat dengan harga yang terjangkau dan ramah dikantong.

Baca juga: Doyan Kopi Hitam atau Latte? Selera Kopi Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian

Berikut ini 7 tips makan sehat tetapi tetap hemat menurut Healthline (25/3):

Closeup on money in piggy bank and purchases from local market on tableMenyiapkan rencana menu ternyata membantu untuk mengendalikan pengeluaran berlebih. Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance

1. Rencanakan menu makan

Agar seluruh bahan makanan yang dibeli dapat digunakan dengan maksimal, sebaiknya membuat menu perencanaan makan secara berjangka. Misalnya untuk satu minggu atau bahkan menu makan selama satu bulan.

Setelah membuat perencanaan menu, kamu selanjutnya bisa membuat daftar belanjaan barang-barang diperlukan untuk merealisasikannya. Cara ini dinilai ampuh untuk membeli bahan-bahan secukupnya, sesuai dengan yang dibutuhkan dan lebih hemat pengeluaran.

2. Buat daftar belanja

Terlihat mudah, berbelanja tanpa daftar belanja yang tepat akan sulit dilakukan. Mata yang 'lapar', bahan-bahan yang menarik perhatian, hingga dapat membuat pengeluaran membengkak. Membeli bahan-bahan yang hanya ada dalam daftar belanja wajib dilakukan.

Selain membantu menekan pengeluaran, daftar belanja juga akan lebih memudahkan untuk memeriksa bahan-bahan apa saja yang sudah dibeli dan yang belum. Cara ini membuat kamu tidak akan terlupa bahan-bahan yang nantinya justru penting dan paling dibutuhkan.

Baca juga: 5 Kuliner di Pasar Atom Surabaya yang Nikmat, Nasi Timbel hingga Bubur Madura



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Bakso Kuburan dengan Sambal Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]