7 Manfaat Ini Bakal Kamu Rasakan Setelah Berhenti Makan Daging

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 28 Mar 2022 10:30 WIB
Makan Daging Bikin Panjang Umur Dianggap Menyesatkan
Foto: Getty Images/iStockphoto/mikeorlov
Jakarta -

Diet dengan mengonsumsi bahan nabati kini tengah menjadi tren. Ternyata berhenti makan daging juga bisa berikan tujuh manfaat kesehatan ini.

Akhir-akhir ini pola diet yang hanya mengonsumsi makanan nabati saja tengah populer dan banyak dilakukan. Beberapa pola diet yang tengah menjadi pusat perhatian juga banyak yang menganjurkan untuk mengurangi asupan daging merah.

Padahal selama ini daging dianggap sebagai sumber makanan tinggi protein yang tidak bisa dihilangkan kebutuhannya. Ternyata, meninggalkan daging dan beralih pada makanan nabati memiliki keuntungannya sendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Oxford University menemukan bahwa konsumsi daging merah daging olahan dan unggas dapat berkaitan dengan risiko sembilan penyakit non-kanker yang lebih besar. Jika dijabarkan setidaknya ada tujuh manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari berhenti makan daging.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bikin Sperma Lebih Kental, Bapak-Bapak Wajib Contek!

Berikut ini 7 manfaat kesehatan yang didapatkan setelah berhenti makan daging menurut VegNews (20/3):

sayuranKandungan kolesterol yang rendah dan seratnya yang tinggi membuat sayuran baik untuk menjaga kesehatan jantung. Foto: Thinkstock

1. Jantung yang lebih sehat

Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine, diet yang hanya mengonsumsi bahan nabati saja sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini lantaran kadar kolesterol dalam makanan nabati begitu rendah bahkan hampir tidak ada.

Pelaku diet vegetarian yang meninggalkan konsumsi daging juga pelaku vegan yang sepenuhnya meninggalkan berbagai produk dari hewan dikatakan memiliki risiko sakit jantung yang lebih rendah. Alasan lainnya adalah makanan nabati memiliki lebih banyak vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Menurunkan risiko stroke

Penyakit stroke sebenarnya diawali dari peredaran darah yang tidak lancar yang akhirnya berujung pada penyumbatan pembuluh darah. Tentunya dibutuhkan asupan yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah untuk mencegah penyakit stroke.

Konsumsi makanan nabati dalam jumlah yang lebih banyak seperti sayuran hijau gandum utuh, dan kacang-kacangan dikatakan sangat berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Hal ini bahkan telah dijelaskan langsung oleh Harvard Health bahwa pelaku diet nabati 10% memiliki risiko penyakit stroke yang rendah.

Baca juga: Bikin Sehat! 5 Manfaat Diet Plant-Based Ini Diungkap Pakar Gizi



Simak Video "Manfaat Petai buat Kamu yang Lagi PMS"
[Gambas:Video 20detik]