ADVERTISEMENT

Masya Allah! 5 Makanan Penyubur Kandungan Ini Disebut dalam Alquran

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 25 Mar 2022 08:00 WIB
Excited woman with positive pregnancy test. Celebrating positive pregnancy test result. Yes, I am pregnant
Foto: Getty Images/iStockphoto/aquaArts studio
Jakarta -

Bukan hanya tentang makanan halal dan haram saja, Alquran juga menyebut banyak makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan ada lima makanan yang disebutkan mampu menyuburkan kandungan.

Bagi sebagian pasangan, memiliki momongan bukanlah hal mudah seperti sebagian lainnya. Berusaha, berdoa, dan berikhtiar sudah dilakukan, tetapi masih saja belum dikaruniai buah hati.

Kehadiran momongan memang selalu menjadi fokus yang diupayakan oleh banyak pasangan suami istri (pasutri). Mulai dari mengonsumsi makanan yang dikatakan sebagai penyubur hingga berbagai aktivitas dan saran yang direkomendasikan pakar dilakukan demi segera mendapat momongan.

Ternyata dalam ajaran Islam, beberapa makanan dianjurkan dan tertulis dalam Alquran atau diriwayatkan dalam hadis dapat membantu menyuburkan kandungan. Diciptakan allah SWT sebagai makanan yang bermanfaat bagi manusia, ada setidaknya lima makanan yang bisa dikonsumsi agar segera dapat momongan.

Baca juga: 5 Pola Makan Ini Bikin Sperma Lebih Kental, Bapak-Bapak Wajib Contek!

Berikut ini 5 makanan yang disebutkan dalam Alquran dan hadis sebagai penyubur kandungan:

Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk PencernaanKandungan nutrisi alaminya yang kaya membuat kurma bermanfaat untuk menyuburkan kandungan. Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Kurma

Buah manis yang banyak ditemukan di tanah Arab ini ternyata bukan hanya disarankan sebagai makanan berbuka puasa saja. Kurma secara alami tergolong makanan padat nutrisi yang punya banyak manfaat sehat.

Dalam Alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW, kurma memang seringkali dan disebut secara berulang-ulang sebagai buah yang menyehatkan. Pada salah satu kajiannya, dr. Zaidul Akbar yang terkenal dengan Jurus Sehat Rasulullah, juga mengungakapkan kandungan utama kurma.

Pada sebiji kurma yang kecil ternyata mengandung magnesium, folat, kalsium, antioksidan, vitamin B6, zat besi dan berbagai nutrisi lainnya. Hampir seluruh nutrisi yang dibutuhkan untuk menyuburkan kandungan, semuanya ada di dalam kurma.

2. Madu

Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini juga pernah disebut langsung oleh Rasulullah SAW sebagai makanan yang sehat. Madu bahkan disebutkan dalam Alquran sebagai obat dari segala obat dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin bagi manusia.

"Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Alquran adalah penyembuh apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian, ada dua penyembuhan, yaitu Alquran dan madu," (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadis Ibnu Mas'ud).

Madu yang disarankan bagi pasutri yang ingin segera mendapatkan momongan adalah madu yang sudah melalui proses pasteurisasi. Proses sterilisasi menggunakan pemanasan membuat madu menjadi steril dari bakteri botulisme yang justru dapat menyebabkan keracunan makanan.

Baca juga: 7 Makanan Ini Bikin Sperma Lebih Lincah, Para Suami Harus Rutin Konsumsi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT