Cara Alami Atasi Kantuk Selain Minum Kopi Menurut dr Zaidul Akbar

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 13 Mar 2022 06:00 WIB
Cara Atasi Ngantuk Usai Makan
Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio
Jakarta -

Dikenal karena kandungan kafeinnya, kopi selalu jadi 'senjata' untuk melawan kantuk. Ternyata rasa kantuk juga bisa dilawan dengan minuman yang lebih sehat.

Melawan rasa kantuk memang menjadi hal yang paling berat untuk dilakukan. Baik karena disebabkan kurang tidur, oksigen yang tidak mengalir ke otak, atau karena setelah mengasup makanan yang memicu mengantuk.

Saat mulai mengantuk, banyak orang langsung terpikir langsung mengonsumsi kopi. Kandungan kafein yang tinggi diharapkan mampu menangkal rasa kantuk yang datang.

Tetapi bagaimana bagi orang yang intoleran terhadap kafein? Menanggapi cara melawan kantuk selain kopi, dr. Zaidul Akbar yang sering membagikan Jurus Sehat Rasulullah punya jawabannya.

Baca juga: 7 Teh Ini Diungkap Ahli Ampuh untuk Turunkan BB dan Rampingkan Perut

Manfaat kopi untuk gairah seksualBagi intoleran kafein ternyata ada cara alami untuk mengatasi rasa kantuk. Foto: iStock

Mengutip melalui akun YouTube @dr. Zaidul Akbar Official (27/2) ternyata mengatasi kantuk bisa dilakukan tanpa mengonsumsi kopi. Ada tiga hal yang ditekankan oleh dr. Zaidul Akbar saat mengatasi kantuk, yakni bergerak, jangan makan-makanan tinggi tepung, dan mengonsumsi glukosa.

"Biasanya gini, ngantuk itu salah satu penyebabnya adalah sarapannya itu jangan banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi di pagi hari. Misalkan nasi, tepung-tepungan itu pagi hari dikurangi dulu," kata dr. Zaidul Akbar.

Sarapan sehat untuk mencegah timbulnya rasa ngantuk di siang hari diungkapkan oleh dr Zaidul AKbar lebih baik mengonsumsi makanan yang ringan saja. Misalnya air putih atau air madu untuk memberikan energi.

"Kemudian air infused water dari buah-buahan atau rimpang, kemudian makan sedikit buah-buahan itu juga nggak masalah. Kalo perlu ada lemak seperti alpukat juga nggak masalah, itu biasanya tidak akan membuat ngantuk," jelas dr. Zaidul Akbar.

Baca juga: Ilmuwan Bantah Kopi Picu Kanker, Begini Penjelasannya

Nabi Muhammad SAW Cegah Virus Masuk ke Tubuh dengan Mengonsumsi 3 Makanan, Yaitu Kurma, Madu, dan Jintan HitamAdalah madu dan air hangat yang diungkap oleh dr. Zaidul Akbar efektif untuk mencegah kantuk selain kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto

Tetapi jika rasa mengantuk sudah terlanjur datang ada cara lain yang lebih sehat daripada mengonsumsi banyak kafein. Sebagaimana konsumsi kafein juga diperingatkan wajib dibatasi, maka sudah saatnya beralih ke minuman-minuman non-kafein jika tidak terlalu membutuhkan kafein.

Menurut penjelasan dr. Zaidul Akbar, ada beberapa orang yang merasa mengantuk akibat kekurangan glukosa. Tetapi glukosa yang diperbolehkan untuk dikonsumsi juga wajib glukosa yang sehat dan bukan yang berkalori tinggi.

"Ada juga memang karakter orang yang mengantuk karena kekurangan glukosa. Tetapi jangan glukosa dari es teh atau air teh, tetapi dari air madu. Bawa saja madu ke kantor, ketika agak ngantuk bikin saja air hangat dikasih madu dan sedikit garam," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Cara ini juga dinilai menjadi cara yang lebih sehat karena mengurangi asupan gula atau pemanis berbahaya ke dalam tubuh. Madu, walaupun rasanya manis tetapi lebih direkomendasikan karena kadar kalorinya yang tidak tinggi dan tidak membuat gula darah melonjak dengan cepat.

Baca juga: Curhat Orderan Sepi Sambil Minum Kopi Mahal, Pengantar Makanan Ini Bikin Netizen Emosi



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)