5 Manfaat Sehat Wortel dan Efek Sampingnya yang Perlu Diwaspadai

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 05 Mar 2022 06:00 WIB
Carrot juice in glass and fresh carrots Healthy food on a grey stone background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/AnnaPustynnikova
Jakarta -

Wortel merupakan sayuran bergizi yang paling mudah didapatkan. Ternyata tak hanya untuk mata, wortel punya banyak manfaat kesehatan dan beberapa efek samping yang perlu diwaspadai.

Wortel merupakan sayuran yang terbilang cukup murah dan mudah untuk didapatkan. Pengolahannya yang gampang dan nutrisinya yang padat membuat wortel banyak dicari dan sering disajikan sebagai menu makan setiap hari.

Terutama kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel membuatnya dipercaya sebagai bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan mata. Ternyata ada banyak sekali manfaat sehat yang bisa didapatkan dari konsumsi wortel.

Namun meski wortel memiliki nutrisi yang baik, tetap saja ada efek samping yang wajib diperhatikan. Para ahli kesehatan mengungkapkan efek samping yang perlu diwaspadai dari konsumsi wortel yang berlebihan.

Baca juga: Ampuh! 5 Minuman Rempah Alami untuk Turunkan BB dengan Cepat

Berikut ini 5 manfaat dan efek samping konsumsi wortel menurut Times of India (27/2):

potong wortelMengandung nutrisi yang padat, wortel dipercaya mampu memberikan manfaat kesehatan yang sangat banyak. Foto: Istimewa

1. Berperan banyak menjaga kesehatan

Tubuh membutuhkan keseimbangan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan seluruh organ berfungsi secara normal. Beberapa bahan makanan bahkan menjadi sangat direkomendasikan untuk beberapa organ tubuh tertentu dan menjaganya tetap sehat.

Salah satunya adalah wortel yang dipercaya sebagai salah satu contoh makanan terbaik. Wortel yang merupakan sayuran yang mudah untuk dikonsumsi dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan ini diketahui punya kandungan nutrisi yang padat dan cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh.

Bahkan wortel juga bisa disulap menjadi hidangan manis yang lezat sehingga bisa dikreasikan sesuai dengan selera yang berbeda-beda. Menambahkan wortel dalam seluruh hidangan makanan mulai jus hingga kue wortel sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Menjaga kesehatan hati

Wortel dinilai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan hati karena kandungan beta karotennya yang tinggi. Selain itu wortel juga mengandung flavonoid yang kandungannya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kedua kandungan ini, betakaroten maupun flavonoid, sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi kesehatan. Untuk memudahkan konsumsinya berbagai olahan wortel seperti jus atau diolah menjadi minuman agar lebih menyenangkan.

Membuat campuran jus wortel dengan parsley bahkan dinilai bisa meningkatkan efektivitasnya. Banyak rempah dan bumbu dapur yang juga direkomendasikan untuk dicampurkan bersama jus wortel seperti jahe, bawang putih, lada hitam hingga mentimun untuk melezatkan rasanya.

Baca juga: Curhat Orderan Sepi Sambil Minum Kopi Mahal, Pengantar Makanan Ini Bikin Netizen Emosi



Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]