ADVERTISEMENT

Kunyit Disebut Sebagai 'Obat Kuat' Alami, Begini Kata dr. Zaidul Akbar

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 02 Mar 2022 05:00 WIB
Turmeric powder and fresh turmeric on grunge dark background
Foto: Getty Images/iStockphoto/happy_lark
Jakarta -

Mengupas manfaat berbagai bahan makanan, dr. Zaidul Akbar mengungkapkan satu rempah yang kaya khasiat. Ada kunyit yang ternyata mampu bekerja sebagai 'obat kuat'.

Bahan alami seperti rempah dan bumbu dapur memiliki banyak khasiat untuk kesehatan yang belum seluruhnya diungkap. Komponen nutrisinya yang terkandung secara alami ternyata punya dampak yang sangat baik untuk kesehatan.

Setiap bahan makanan termasuk berbagai jenis rempah memiliki khasiatnya masing-masing. Kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda yang membuatnya dapat memberikan efek secara spesifik.

Berbeda dengan obat yang diracik dengan tambahan kimia, khasiat rempah alami ini ternyata juga sudah dipercaya turun temurun. dr. Zaidul Akbar bahkan mengungkapkan salah satu rempah yang bisa bersifat seperti obat kuat bagi pria.

Baca juga: Bapak-bapak! Ini 6 Makanan Alami yang Bikin Sperma Lebih Sehat

Curcuma longa, powder and rhizomes - complementary medicineMenjadi campuran pada banyak makanan, kunyit ternyata mampu bekerja sebagai obat kuat. Foto: Getty Images/ollo

Mengutip YouTube dr. Zaidul Akbar Official (24/2), konsumsi buah-buahan, sayuran dan berbagai makanan alami sudah sewajibnya menjadi bagian dari pola diet yang diterapkan setiap hari. Makanan-makanan yang alami ini diungkapkan oleh dr. Zaidul Akbar dapat memberikan manfaat yang begitu baiknya untuk tubuh.

Walaupun kurang menyukai makanan-makanan alami ini, dr. Zaidul Akbar mengungkapkan beberapa bahan makanan bisa juga dicampurkan ke dalam makanan. Misalnya rempah seperti kunyit yang banyak digunakan sebagai bumbu untuk masakan.

"Misalnya nggak suka rempah rimpang segala macem yang jelas-jelas bikin sehat, minimal bisa dinikmati dalam bentuk minuman atau campuran dalam lauk. Kayak pindang, itu kan rempahnya banyak ada kunyit dan sebagainya," jelas dr. Zaidul Akbar.

Lebih jauh dari hanya sekadar bumbu masakan, dr. Zaidul Akbar mengungkapkan manfaat lain dari kunyit. Salah satunya adalah khasiatnya bagi pria untuk membantu meningkatkan vitalitas atau dikenal sebagai obat kuat alami.

Baca juga: Tom Holland Sebut Nasi Goreng Indonesia Makanan Terenak di Dunia

Kunyitdr. Zaidul Kabar menjelaskan bagaimana kunyit dapat meningkatkan vitalitas pria. Foto: iStock

"Kunyit itu 'obat kuat' sebenarnya. Memang iya dia itu untuk vitalitas manfaatnya mashaa Allah luar biasa kunyit itu," kata dr. Zaidul Akbar.

Hal ini bahkan juga sudah teruji oleh para peneliti dari University of Guelph di Ontario, Kanada. Kunyit diketahui termasuk ke dalam bahan afrodisiak yang mampu memberikan peningkatan gairah seksual secara psikologis dan fisiologis ketika dikonsumsi.

Selain itu penelitian ini juga mengungkapkan bahwa konsumsi kunyit dapat meningkatkan ingatan hampir 30% dan menekan depresi yang menyebabkan penurunan gairah seksual pada pria. dr. Zaidul Akbar sendiri mengakui masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi kunyit yang tidak bisa dijelaskannya satu persatu.

dr. Zaidul Akbar juga mengungkapkan bahwa penelitian efek konsumsi kunyit terbesar ini pernah dilakukan di India. Bumbu masakannya seperti kari dan masala yang menggunakan banyak kunyit pernah dijadikan penelitian tentang efek kunyit terhadap kasus demensia yang rendah pada masyarakat India.

Baca juga: Ampuh! 5 Minuman Rempah Alami untuk Turunkan BB dengan Cepat



Simak Video "Sensasi Sajian Kelapa Muda yang Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT