ADVERTISEMENT

Bapak-bapak! Ini 6 Makanan Alami yang Bikin Sperma Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 19 Feb 2022 07:00 WIB
tips kale
Foto: iStock
Jakarta -

Kesuburan pria sangat dipengaruhi oleh pola makan dan kebiasaan. Jika ingin lebih subur dan sperma lebih sehat, bapak-bapak bisa konsumsi rutin enam makanan ini.

Kesuburan organ intim bukan hanya menjadi permasalahan bagi perempuan. Menjaga kualitas dan kuantitas sperma pada laki-laki juga perlu diwaspadai dan selalu diperhatikan.

Pada laki-laki, kualitas dan kuantitas sel sperma sangat dipengaruhi oleh pola makan yang sehat dan dimbangi gaya hidup yang tepat. Kesalahan menerapkan pola makan dampaknya dapat menurunkan kualitas sel sperma pada pria.

Ketika kualitasnya menurun, maka sel sperma tidak akan cukup kuat untuk membuahi sel telur yang dampaknya menyebabkan ketidaksuburan. Banyak penelitian ahli yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang bernutrisi dapat meningkatkan kualitas sperma baik dari kuantitasnya hingga meningkatkan kualitasnya itu sendiri.

Baca juga: Viral! Pedagang Gorengan Tampan dan Modis yang Bikin Netizen Salfok

Berikut ini 6 makanan alami yang dapat meningkatkan kualitas sperma menurut Givelegacy (2/2):

Lobster, Kepiting dan Udang Bisa Rasakan Sakit Saat Dimasak Hidup-hidupMengandung asam lemak omega 3 dan zinc yang tinggi, hewan bercangkang cocok untuk dikonsumsi demi kualitas sperma yang lebih baik. Foto: Getty Images/iStockphoto/davelogan

1. Hewan bercangkang

Pada produk makanan bercangkang seperti kerang, lobster hingga kepiting dinilai memiliki nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesuburan pada laki-laki. Hewan-hewan bercangkang tersebut mengandung omega-3, asam lemak hingga kandungan zinc yang baik.

Ketiga nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bukan hanya oleh tubuh tetapi juga ketahanan sperma. Pada penelitian tahun 2019 dibuktikan bahwa partisipan yang mengonsumsi hewan bercangkang lebih sering memiliki kualitas sel sperma yang lebih baik dibandingkan mereka yang mengonsumsi daging hingga jeroan.

2. Ikan

Ikan juga memiliki peran tak kalah penting jika mengingat nutrisi dan kandungan mineral yang ada di dalamnya. Ikan menjadi sumber makanan yang sangat baik untuk mendapatkan vitamin B12.

Ditambah jika mengonsumsi ikan yang datang dari perairan dingin biasa memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi lagi. Vitamin B12 dan omega 3 ini sangat mendukung perkembangan struktural untuk menghasilkan sperma yang berkualitas.

Baca juga: Mau Cepat Punya Anak? 7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kesuburan



Simak Video "Nasi Kuning Sambal Roa yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT