Mau Cepat Punya Anak? 7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kesuburan

Diah Afrilian - detikFood Senin, 27 Sep 2021 08:30 WIB
Keju Foto: Thinkstock
Jakarta -

Menjaga kesuburan penting fungsinya, terutama jika pasangan ingin punya anak. Tujuh makanan ini direkomendasikan oleh ahli untuk menjaga kesuburan pasutri.

Kesuburan organ reproduksi baik pada pria maupun wanita penting untuk selalu diperhatikan. Kesuburan organ reproduksi menjadi kunci utamanya bagi pasangan yang berencana untuk memiliki momongan.

Bukan hanya dengan berbagai perawatan secara medis, kesuburan pada pria maupun wanita juga bisa dijaga dan ditingkatkan secara alami. Konsumsi makanan yang mengandung gizi yang tepat menjadi kunci utama untuk menjaga kesuburan secara alami.

Terutama pada wanita, menjaga asupan makanan, tingkat stres hingga, gaya hidup yang sehat sangat berpengaruh pada kesuburan organ reproduksi terutama bagi mereka yang tengah berencana untuk memiliki keturunan. Para ahli menyarankan setidaknya tujuh jenis makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan organ reproduksi baik pada pria maupun wanita.

Berikut ini 7 makanan yang direkomendasikan untuk kesuburan menurut Laurel Fertility:

Assortment  different types of beansFoto: Thinkstock

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat dan protein sangat tinggi yang dapat membantu meningkatkan ovulasi. Kacang-kacang juga diakui sebagai sumber protein alternatif yang paling baik untuk menggantikan protein hewani terutama bagi vegetarian dan vegan.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa protein pada kacang-kacangan menunjukkan khasiatnya dapat menggantikan protein hewani secara baik. Memiliki kadar lemak yang rendah dengan sumber asam folat yang baik membuat komponen dari kacang-kacangan ini sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

2. Biji Bunga Matahari

Di balik ukurannya yang kecil dan kerap dipandang sebelah mata, ternyata biji bunga matahari memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesuburan pria dan wanita dewasa. Pada pria, konsumsi biji bunga matahari dapat membantu menjaga kualitas sperma tanpa harus rumit mengubah pola makan besar-besaran.

Biji bunga matahari juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti zinc, asam folat, serta selenium yang sangat bermanfaat untuk kesuburan indung telur. Kandungan pada biji bunga matahari ini juga dikatakan dapat memperkuat sperma dan menurunkan kadar kematian sel sperma pada saat berenang menuju indung telur.

Baca juga: Diet Fertilitas, Pola Makan Sehat untuk Wanita yang Ingin Segera Hamil

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com