10 Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 11 Des 2020 09:00 WIB
Caucasian doctor in medical mask speaking with mother about scoliosis of her daughter stock photo. Pediatrics concept Foto: Getty Images/iStockphoto/YakobchukOlena
Jakarta -

Makanan penyubur kandungan dapat membantu Anda agar cepat hamil. Masalah kesuburan dapat mempengaruhi hingga 15 persen kepercayaan pasangan. Jalan menuju menjadi orang tua terkadang memang menjadi tantangan yang besar.

Selain perlu berkonsultasi ke dokter, kesuburan juga dapat ditunjang dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. Karena ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang belum juga hamil meskipun sudah menikah. Salah satunya adalah faktor usia, penyakit, makanan yang dikonsumsi dan alasan lainnya.

Ini daftar makanan penyubur kandungan agar cepat hamil:

1. Kacang

Dikutip dalam Parents, para peneliti di Harvard School of Public Health mengamati ada sekitar 19.000 wanita yang secara aktif berusaha untuk hamil dan menemukan bahwa kemandulan terjadi pada 39 persen wanita dengan asupan protein hewani tertinggi.

Beberapa jenis protein nabati secara substansial cenderung tidak mengalami kesulitan. Beberapa jenis kacang nabati yang baik dapat membantu tingkatkan kesuburan seperti lentil, tahu, edamame dan kacang-kacangan.

2. Makanan tinggi antioksidan

Antioksidan seperti folat dan zinc dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Mereka menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sperma dan sel telur.

Satu studi tahun 2012 terhadap pria dewasa muda menemukan bahwa makan 75 gram walnut yang tinggi antioksidan bisa meningkatkan kualitas sperma.

Salah satu studi dari 232 wanita menunjukkan bahwa asupan folat yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat implantasi, kehamilan klinis dan kelahiran hidup yang lebih tinggi.

Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan antioksidan seperti vitamin C dan E, folat, beta karoten dan lutein bisa membantu Anda.

3. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengatur hormon reproduksi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dibanding dengan ikan berlemak lainnya. Selain salmon, asam lemak omega 3 juga bisa ditemukan dalam kacang walnut, biji rami atau biji chia.

4. Makan lebih banyak serat

Serat dapat membantu tubuh membuang kelebihan hormon dan menjaga keseimbangan gula darah. Jenis serat tertentu dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus. Esterogen berlebihan kemudian dikeluarkan dari tubuh sebagai produk limbah.

Satu studi tahun 2009 terkait dengan serat larut seperti dari alpukat, ubi jalar, gandum dan buah-buahan dengan tingkat estrogen dan progesteron yang lebih rendah. Serat larut dari buah terutama memiliki hubungan terkuat dengan konsentrasi estrogen yang lebih rendah.

Beberapa contoh makanan berserat tinggi adalah biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Asupan serat yang direkomendasikan untuk wanita adalah 25 gram per hari dan 31 gram untuk pria.

5. Asam folat

Jika Anda berencana hamil dalam waktu dekat, sebaiknya rutin konsumsi vitamin yang mengandung asam folat. Dengan mengonsumsi asam folat sekitar 400-600 mg setiap hari sebelum kehamilan lebih sehat dan meminimalkan risiko cacat pada bayi.

Makanan yang mengandung asam folat seperti biji-bijian, sereal, sayuran dan buah jeruk baik dikonsumsi untuk menambah kesuburan.

6. Alpukat

Buah-buahan penyubur kandungan agar cepat hamil salah satunya adalah alpukat. Buah ini kaya akan mineral, vitamin dan juga serat. Buah penyubur kandungan salah satunya adalah yang memiliki kandungan vitamin E yang hebat. Karena menurut para peneliti dapat bermanfaat untuk memperbaiki lapisan rahim dan membantu implantasi embrio.

Anda dapat menikmati buah alpukat dengan campuran sandwich atau dijadikan sebagai campuran smoothies.

7. Telur

Telur merupakan sumber protein, lemak esensial dan kolin yang sangat baik untuk membentuk jaringan tubuh dan sel baru.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kolin dapat bermanfaat bagi perkembangan janin, dan bahkan dapat memberikan efek jangka panjang pada bayi seiring pertumbuhannya. Telur enak diolah menjadi telur dadar, orak-arik hingga dicampur ke dalam tumisan sayuran.

8. Buah delima

Buah delima dipandang sebagai simbol kesuburan di Persia kuno. Buah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat baik untuk membantu tingkatkan kesuburan.

Penelitian terkini menunjukkan minum jus delima selama kehamilan dapat mencegah kerusakan otak pada bayi.

9. Produk susu tinggi lemak

Asupan tinggi makanan olahan susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko infertilitas, sedangkan makanan olahan susu berlemak tinggi dapat menurunkannya.

Salah satu studi pada tahun 2007 mengamati efek makan produk susu berlemak tinggi lebih dari sekali sehari atau kurang dari sekali seminggu. Ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi satu atau lebih porsi produk susu tinggi lemak per hari, 27 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi tidak subur.

10. Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau bisa jadi makanan penyubur rahim. Bayam, arugula, brokoli hingga sayuran berdaun gelap lainnya mengandung asam folat, vitamin B yang dapat meningkatkan ovulasi.

Tidak hanya wanita, pria juga perlu mengonsumsi sayuran hijau sebagai makanan penyubur kandungan agar membuat sperma lebih sehat.



Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com