6 Makanan Ini Punya Manfaat Berbeda Tergantung Kondisinya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 25 Feb 2022 10:36 WIB
Manfaat Makanan Berbeda Tergantung Kondisi
Foto: brightside
Jakarta -

Makanan ternyata memiliki manfaat yang berbeda tergantung kondisi. Ada yang lebih sehat kalau dimasak dan rendah gula untuk diabetes kalau tak terlalu matang.

Makanan yang baik dikonsumsi tentunya harus yang sehat dan bergizi seimbang. Seperti sayuran dan buah-buahan.

Ternyata manfaat dari makanan sehat itu dapat berbeda tergantung kondisi kita menikmatinya. Mengutip Bright Side (10/2), ada yang lebih sehat dikonsumsi setelah dimasak, namun ada juga buah yang lebih rendah gula kalau belum terlalu matang.

Baca Juga: 5 Fakta MSG, Benarkah Bikin Bodoh dan Buruk untuk Kesehatan?

Berikut 6 makanan yang memiliki manfaat berbeda tergantung kondisinya.

1. Pisang

Manfaat Makanan Berbeda Tergantung KondisiManfaat Makanan Berbeda Tergantung Kondisi Foto: brightside

Pisang merupakan buah yang terkenal karena kandungan nutrisinya. Dapat dikonsumsi secara rutin karena memiliki manfaat yang baik dalam proses menurunkan berat badan.

Buah berwarna kuning ini ternyata memiliki manfaat yang berbeda tergantung kondisinya. Untuk pelaku diet dan penderita diabetes baiknya mengonsumsi pisang yang kulitnya masih kuning bersih, karena rendah gula.

Sedangkan pisang yang terlalu matang memiliki kondisi kulit berbintik cokelat. Buah satu ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Jamur

Manfaat Makanan Berbeda Tergantung KondisiManfaat Makanan Berbeda Tergantung Kondisi Foto: brightside

Jamur merupakan tumbuhan yang baik dikonsumsi karena memiliki manfaat sehat. Namun proses mengolah jamur bisa membuat tumbuhan ini memiliki manfaat yang berbeda.

Kalau jamur yang direbus lebih banyak mengandung vitamin B. Sedangkan, jamur yang digoreng disebutkan lebih rendah risiko beracun.

3. Tomat

Manfaat Makanan Berbeda Tergantung KondisiManfaat Makanan Berbeda Tergantung Kondisi Foto: brightside

Tomat juga banyak dikonsumsi karena mengandung nutrisi penting tubuh. Di antaranya terdiri dari kandungan vitamin C dan zat antioksidan. Buah satu ini juga memiliki manfaat berbeda tergantung kondisinya.

Kalau ingin mendapatkan asupan vitamin C yang lebih tinggi dari tomat, sebaiknya dikonsumsi mentah. Namun, tomat yang dimasak terlebih dahulu mengandung zat antioksidan tinggi yang baik melawan beragam penyakit.

Baca Juga: 7 Sayuran Segar Favorit Rasulullah SAW yang Tercatat dalam Hadits



Simak Video "Masak Masak: Bikin Sambal Keju Viral Check!"
[Gambas:Video 20detik]