Doyan Telur Puyuh? Ketahui Batas Konsumsinya Per Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 23 Feb 2022 10:30 WIB
Batas Konsumsi Telur Puyuh Per Hari
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Telur puyuh seperti telur ayam, rasanya gurih enak. Walau enak dan kaya nutrisi, ternyata meskipun kecil, telur puyuh tak bisa asal dikonsumsi.

Telur puyuh merupakan jenis telur dari unggas burung puyuh. Tak seperti telur ayam, tapi telur puyuh berukuran lebih kecil dan memiliki cangkang yang bercorak belang-belang.

Jenis telur ini umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Biasanya diolah sebagai campuran sambal goreng, isian sup, atau dibuat sate dan digulai.

Telur puyuh juga bisa digoreng seperti telur ayam, meskipun mungil dan sedikit merepotkan. Seperti telur lainnya, telur puyuh juga mengandung beragam nutrisi dan manfaat penting untuk tubuh.

Batas Konsumsi Telur Puyuh Per HariBatas Konsumsi Telur Puyuh Per Hari Foto: Getty Images/iStockphoto/

Baca Juga: Meski Telur Lagi Murah, Batasi Konsumsi Hariannya Agar Kolesterol Tak Naik

Mengutip WebMD (22/6/2021), telur puyuh berukuran 9 gram memiliki kandungan 14 kalori. Ada juga kandungan protein dan lemak sebanyak 1 gram.

Telur puyuh diketahui memiliki manfaat yang penting untuk tubuh. Di antaranya adalah kandungan proteinnya lebih banyak dari telur ayam, memiliki sifat yang dapat mengobati alergi dan mengembalikan kerusakan sel, serta membantu sistem saraf, seperti dikutip dari Spring Creek Quail (14/2).

Kamu juga bisa mengonsumsi telur puyuh sebagai hidangan diet. Karena telur puyuh memiliki asam lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dan membantu rasa kenyang bertahan lebih lama.

Batas Konsumsi Telur Puyuh Per HariBatas Konsumsi Telur Puyuh Per Hari Foto: Getty Images/iStockphoto/

Bentuknya yang kecil membuat banyak orang tak puas hanya menyantap satu butir. Lantas berapa jumlah telur puyuh yang ideal untuk dimakan per harinya?

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bikin Batuk Makin Parah, Termasuk Makanan Pedas

Jumlah yang baik dikonsumsi adalah 6 hingga 12 telur puyuh per hari. Hal ini didasari oleh penelitian yang menunjukkan bahwa 3 butir telur ayam per hari aman dikonsumsi oleh orang sehat.

Dikarenakan nilai gizi telur puyuh mirip dengan telur ayam, jumlah yang dapat dikonsumsi bisa lebih banyak 2-4 kali lipat. Tiga butir telur puyuh setara dengan 1 butir telur ayam, artinya 6-12 telur puyuh adalah jumlah yang wajar untuk dikonsumsi per hari.

Baca Juga: Tambahkan 4 Rempah Ini Dalam Seduhan Teh untuk Cegah Kolestrol dan Hipertensi



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Telur Puyuh Bumbu Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)