Tambahkan 4 Rempah Ini Dalam Seduhan Teh untuk Cegah Kolestrol dan Hipertensi

ADVERTISEMENT

Tambahkan 4 Rempah Ini Dalam Seduhan Teh untuk Cegah Kolestrol dan Hipertensi

Devi Setya - detikFood
Kamis, 10 Feb 2022 05:00 WIB
Teh rempah untuk kolesterol dan hipertensi
Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined
Jakarta -

Sudah lama rempah digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa jenis rempah yang dijadikan campuran teh bisa bantu turunkan hipertensi dan kolesterol.

Hipertensi dan kolesterol jadi penyakit yang cukup berbahaya. Jika tidak ditangani dengan tepat, penyakit ini bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih parah seperti stroke hingga penyakit jantung.

Ada cara enak dan mudah untuk menangani hipertensi dan juga kolesterol, yakni dengan rutin mengonsumsi teh rempah. Seperti masala chai atau teh rempah susu India. Beberapa rempah bisa ditambahkan seperti kayu manis, lada hitam, jahe hingga kapulaga. Aroma teh makin semerbak dengan tambahan rempah ini.

Ketika dikonsumsi secara rutin, teh rempah ini bisa mengontrol tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Dilansir dari Express (10/2) berikut beberapa rempah yang bisa ditambahkan dalam teh dan khasiatnya.


1. Kayu manis

Di India ada racikan teh campur rempah yang dikenal dengan sebutan teh chai. Teh ini kerap dijadikan minuman herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu rempah campurannya adalah kayu manis.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dewasa dengan penyakit kolesterol dan diabetes menunjukkan hasil positif ketika mereka mengonsumsi teh kayu manis. Penelitian ini membandingkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan HDL (baik) pada pasien setelah 40 hari mengonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari.

Konsumsi kayu manis secara rutin terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Kamu bisa menambahkan sedikit bubuk kayu manis pada teh hangat sebelum dikonsumsi.

Teh rempah untuk kolesterol dan hipertensiSecangkir teh rempah untuk kolesterol dan hipertensi Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

2. Jahe

Jahe termasuk rempah yang populer saat cuaca sedang dingin. Jahe selalu diandalkan untuk menghangatkan tubuh, termasuk untuk mengusir rasa dingin dan masuk angin.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa jahe membantu menurunkan hipertensi. Satu studi meneliti dampak positif mengonsumsi tiga gram jahe setiap hari selama delapan minggu pada kelompok orang berusia di atas 50-an.

Teh jahe bisa dibuat dengan sangat mudah. Kamu bisa merebus jahe hingga rasa dan aromanya keluar, lalu seduh teh dengan air rebusan jahe ini. Tambahkan madu untuk membuat rasanya semakin enak.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT