Meski Telur Lagi Murah, Batasi Konsumsi Hariannya Agar Kolesterol Tak Naik

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 24 Sep 2021 11:00 WIB
Telur Ayam Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Harga telur di pasaran mengalami penurunan yang drastis. Meski sedang murah, konsumsi telur dalam sehari juga harus tetap diperhatikan agar tak kolesterol.

Belakangan ini, harga telur mengalami penurunan yang cukup landai di beberapa daerah. Di Jakarta harga telur ayam terkini dibanderol Rp. 17.500 per kilogram, bahkan di Blitar sempat Rp 13.000 per kilogram.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak megnatakan bahwa harga telur bahkan berada di bawah harga pokok penjualan (HPP). Ia juga mengatakan bahwa HPP telur maupun ayam hidup lebih tinggi dari harga jualnya, seperti dikutip dari detikNews (11/9).

Banyak peternak telur yang mengalami kecemasan. Apalagi kondisinya makin diperparah dengan harga pakan ayam yang tinggi dan ketidakseimbangan antara supply dan demand telur ayam, seperti yang disampaikan Pakar peternakan IPB University Niken Ulupi, dikutip dari detiKFood (23/9).

Telur AyamTelur Ayam Foto: Anisa Indraini

Baca Juga: Viral di TikTok, 5 Kafe Ini Jadi Incaran Milenial Buat Nongkrong

Meski harga telur sedang mengalami penurunan, kamu juga tetap perlu mengontrol konsumsi harian telur. Karena, mengonsumsi telur berlebihan juga dapat menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya kadar kolesterol darah yang naik.

Lantas, seberapa banyak asupan telur per hari yang baik dikonsumsi? Dilansir dari Health Line (23/8), dalam sebutir telur berukuran sedang (49,6 gram) mengandung kolesterol sebanyak 186 miligram atau setara dengan 62 % asupan harian. Namun, kandungan kolesterolnya lebih banyak terdapat pada kuning telur, karena kandungan kolesterol putih telur cukup rendah.

Breakfast - Sunny side up fried eggs with tomato sauce and potato wedgesBreakfast - Sunny side up fried eggs with tomato sauce and potato wedges Foto: iStock

Baca Juga: Begini Hukum Makan Durian dan Tape Ketan dalam Islam Menurut Ustaz Khalid Basalamah

Banyak ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi telur dengan batasan maksimal 2-6 butir kuning telur per minggu. Namun, ada juga studi yang membuktikan kalau telur baik dikonsumsi sebanyak 1-3 butir per hari.

Dilansir dari Eat This (1/10/2020), ahli diet Jim White merekomendasikan untuk membatasi asupan telur harian hanya 1,5 butir telur dalam sehari dan sisanya harus diimbangi dengan makanan rendah kolesterol. Asupan telur harian ini dilihat dari batas maksimal kolesterol yang tak boleh lebih dari 200 miligram.

Baca Juga: Ngidam Nasi Padang, Nagita Slavina Boyong Restoran Padang ke Rumah



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Telur Barendo "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com