ADVERTISEMENT

5 Makanan Sehat Ini Bagus Untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 23 Feb 2022 06:00 WIB
Young couple at the doctor. Holding hands and looking on each other while doctor is showing the ultrasond picture of their future baby.
Foto: istock
Jakarta -

Pola makan ternyata juga berpengaruh terhadap kualitas reproduksi. Bagi wanita ada lima makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi jika ingin menjaga kesuburan.

Bagi wanita, rahim merupakan organ dalam tubuh yang begitu vital mengingat perannya sangat penting bagi kesuburan/ Rahim menjadi organ utama yang menjadi dasar atau pondasi bagi kesuburan reproduksi wanita.

Salah satu permasalahan yang paling banyak dihadapi para wanita saat ini adalah masalah ketidaksuburan. Banyak sekali wanita-wanita yang mengalami PCOD atau PCOS yang dampaknya mengganggu kesuburan organ reproduksi bahkan pada usia muda.

Ternyata faktor yang memengaruhi kesuburan juga berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Makanan yang tepat dinilai menjadi pendukung nomor satu untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk organ reproduksi.

Baca juga: Bapak-bapak! Ini 6 Makanan Alami yang Bikin Sperma Lebih Sehat

Berikut ini 5 makanan sehat yang dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan wanita menurut Food NDTV:

Assortment  different types of beansBiji-bijian utuh dilengkapi dengan kandungan pemicu kesuburan yang berupa zinc, selenium dan beragam jenis vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Foto: Thinkstock

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh dilengkapi dengan kandungan pemicu kesuburan yang berupa zinc, selenium dan beragam jenis vitamin B. Nutrisi-nutrisi ini menjadi bagian yang penting untuk menyeimbangkan hormon dan penting untuk ditambahkan dalam menu makan demi meningkatkan kesuburan.

Karbohidrat olahan seperti tepung putih, gula dan beragam kandungan pada permen, makanan manis hingga roti sebaiknya dihindari karena tidak memiliki nutrisi yang baik. Karbohidrat yang dihasilkan oleh makanan seperti itu jauh berbeda dengan karbohidrat kompleks dari biji-bijian utuh dan justru dapat memicu lonjakan gula darah hingga ketidakseimbangan hormon.

2. Telur

Sebagai sumber vitamin yang baik, telur diungkapkan oleh ahli kesehatan sebagai salah satu makanan yang sangat baik untuk memicu kesuburan terutama pada wanita. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin dan nutrisinya yang padat dan cocok untuk menjaga hormon reproduksi.

Telur diketahui memiliki kandungan Omega 3 dan kolin yang sangat baik. Kandungan nutrisi ini begitu dikenal sebagai nutrisi dan mineral penting yang wajib diperhatikan asupannya jika ingin melakukan program kehamilan maupun mencegah janin tumbuh cacat.

Baca juga: Viral! Pedagang Gorengan Tampan dan Modis yang Bikin Netizen Salfok



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT