ADVERTISEMENT

Hindari 4 Kebiasaan Makan yang Bikin Kamu Cepat Tua

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 12 Feb 2022 08:00 WIB
woman skin trouble. pimple, freckle, spot, wrinkle, saggy.
Foto: iStock
Jakarta -

Bukan hanya dapat memberikan kesehatan, konsumsi beberapa makanan justru bisa membuatmu menjadi lebih cepat tua. Asupan makanan yang salah dapat membuat sel-sel tubuh cepat menua.

Faktanya konsumsi makanan bukan hanya mampu menjaga tubuh terlihat awet muda atau memberikan efek kesehatan. Ada beberapa makanan yang dikatakan oleh ahli justru dapat memberikan efek pada sel-sel tubuh menua lebih cepat.

Menurut penelitian yang sudah dilakukan bertahun-tahun yang lalu, asupan makanan juga terkait dengan kondisi mikrobiota pada usus yang dapat mengendalikan kondisi tubuh. Mikrobiota yang terjaga melalui pola makan sehat yang diterapkan dapat membantu memperkuat imunitas hingga menjaga sel-sel tubuh awet muda.

Ada beberapa kebiasaan makan tidak sehat yang diungkapkan dampaknya dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Tanpa disadari beberapa pola makan ini justru menjadi yang paling digemari banyak orang.

Baca juga: Ini 7 Penjelasan Mengapa Islam Mengharamkan Sebuah Makanan

Berikut ini 4 kebiasaan makan yang dapat mempercepat penuaan menurut Eat This, Not That (9/2):

zat aditif pada makanan olahan memicu kankerMakanan olahan yang dijual dalam bentuk kemasan di rak-rak toko dibuktikan ahli dapat menyebabkan penuaan lebih cepat. Foto: Getty Omages

1. Konsumsi makanan olahan

Konsumsi makanan olahan menjadi salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan yang dapat mempercepat proses penuaan pada tubuh. Hal ini disebabkan karena makanan olahan mengandung karbohidrat olahan yang tinggi, gula tambahan, hingga lemak yang berbahaya.

Menurut Trista Best, selaku ahli gizi terdaftar pada Balance One Supplements, ada komponen bernama AGE atau Advanced Glycation End-Products yang terbentuk ketika gula berkombinasi dengan lemak. Komponen ini sangat cepat memicu penuaan pada tubuh yang berawal mengganggu kesehatan usus.

Bahkan diungkapkan lebih lanjut bahwa AGE ini juga berdampak pada keremajaan kulit dan otak. AGE dapat membuat kulit tampak lebih tua dan penurunan kesehatan otak seperti salah satunya risiko penyakit Alzheimer.

Baca juga: 5 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kulineran Malam Sambil Makan Bakmi Nyemek"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT